Dark/Light Mode

Survei Capres Terbaru

Ganjar Dekati 40 Persen

Selasa, 16 Mei 2023 08:00 WIB
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan pidato di depan pendukungnya saat menghadiri acara halalbihalal Relawan Jokowi di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/5/2023). Halalbihalal relawan Presiden Joko Widodo tersebut untuk mendukung pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww).
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan pidato di depan pendukungnya saat menghadiri acara halalbihalal Relawan Jokowi di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/5/2023). Halalbihalal relawan Presiden Joko Widodo tersebut untuk mendukung pemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei dari Charta Politika Indonesia menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden melesat meninggalkan para pesaingnya. Dalam survei terbarunya, elektabilitas Ganjar kini sudah mendekati angka 40 persen.

Survei Charta Politika ini, digelar pada 2-7 Mei 2023, dengan mewawancarai 1.220 responden secara tatap muka. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei sekitar 2,82 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar saat ini sedang memimpin daftar capres dengan elektabilitas tertinggi. Dalam simulasi 10 nama capres, Ganjar memimpin dengan memperoleh dukungan sebanyak 34,6 persen. Di posisi kedua dan ketiga ada Prabowo Subianto 28,1 persen, dan Anies Baswedan 21,4 persen. Di posisi keempat terpaut jauh Ridwan Kamil dengan 4,8 persen dan nama lainnya di bawah 2 persen. Sementara ada 5,8 persen responden belum menentukan pilihan.

Baca juga : Mahfud Melesat Kalahkan AHY Dan Cak Imin

Melihat hasil tersebut, Yunarto mengungkapkan, pertarungan Pilpres 2024 hanya akan berkutat pada tiga teratas, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies. Pasalnya, tiga nama tersebut yang memiliki elektabilitas tertinggi dalam 2 tahun terakhir.

Lebih lanjut, Yunarto menyampaikan Ganjar berhasil unggul jauh dari Prabowo dan Anies dalam simulasi tiga nama. Elektabilitas Ganjar sudah mendekati 40 persen yaitu 38,2 persen. Lalu, diikuti oleh Prabowo dengan dukungan 31,1 persen dan Anies 23,6 persen. Menurut Yunarto, elektabilitas Ganjar melesat setelah ditetapkan sebagai bakal capres PDI Perjuangan pada pertengahan bulan April 2023.

“Terlihat adanya peningkatan elektabilitas Ganjar Pranowo setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada survei telepon yang dilakukan pada April lalu,” kata Yunarto, saat memaparkan rilis survei secara online, kemarin. Rilis survei itu bertajuk Dinamika Elektoral Pasca Isu Piala Dunia U-20 dan Deklarasi Batu Tulis.

Baca juga : Survei Charta: Pemilih Jokowi-Maruf 61 Persen Pilih Ganjar, Prabowo Hanya Kebagian 18 Persen

Di sisi lain, Yunarto menyebut elektabilitas Prabowo dan Anies cenderung menurun pada survei kali ini. Prabowo turun 2 persen dari sebelumnya 33,1 persen. Sedangkan Anies turun sebesar 1,6 persen.

Yunarto menambahkan, dari survei juga diketahui mayoritas pemilih Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 mendukung Ganjar di Pilpres 2024. “Dari keseluruhan pemilih Jokowi-Ma’ruf, ternyata 61 persennya menyatakan memilih Ganjar Pranowo,” kata Yunarto.

Ia mengatakan, untuk memilih Prabowo hanya sebanyak 18 persen dan Anies 14 persen. Sedangkan yang tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 6,1 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.