Dark/Light Mode

Kembangkan Potensi Bisnis Pemuda

Orang Muda Ganjar Gelar Lokakarya Budi Daya Entok Di Karanganyar

Rabu, 17 Mei 2023 13:28 WIB
Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kab. Karanganyar mengadakan lokakarya budi daya entok di Rumah Makan Rahma, Desa Buran, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (16/5). (Foto: Ist)
Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kab. Karanganyar mengadakan lokakarya budi daya entok di Rumah Makan Rahma, Desa Buran, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (16/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kab. Karanganyar mengadakan lokakarya budi daya entok dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, serta mendorong pemuda untuk mempunyai usaha.

Koordinator OMG Provinsi Jawa Tengah (Jateng), M. Akmal Arravi mengatakan, lokakarya ini untuk mendorong agar semakin banyak pelaku bisnis entok yang sukses, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendorong inovasi dalam pengembangan produk entok, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kab. Karanganyar.

"Kami menyasar kepada masyarakat yang maniak dengan unggas, mendatangkan komunitas-komunitas, pelaku-pelaku usaha dengan tujuan adalah kemandirian ekonomi masyarakat," kata Akmal usai kegiatan di Rumah Makan Rahma, Desa Buran, Kec. Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (16/5).

Akmal mengungkapkan wilayah Karanganyar terkenal juga dengan budi daya entok berkualitas tinggi dan telah menjadi pusat perhatian dalam industri peternakan unggas di Indonesia. Terlebih di wilayah Solo Raya yang meliputi daerah Klaten, Sragen hingga Boyolali. 

Baca juga : TGS Ganjar Gelar Pelatihan Parenting Di Deli Serdang

"Kami harapkan kehadiran kami memberikan dampak dan manfaat yang konkret bagi masyarakat, sehingga setelah ini bapak, ibu, anak muda, bisa membuat usaha entok," tegas Akmal. 

Koordinator OMG Kab. Karanganyar, Virnanto Hasmana Putra menambahkan pihaknya menyadari potensi besar yang dimiliki oleh daerah Karanganyar, sehingga merasa perlu untuk mengadakan pelatihan yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang budi daya entok, serta prospek bisnis yang menguntungkan di bidang ini.

"Melihat antusiasme di Karanganyar banyak sekali yang usaha entok. Bagaimana caranya mengembangkan entok itu bisa meningkatkan ekonomi keluarga mereka," ujar Virnanto. 

Relawan OMG turut memberikan entok pedaging, bibit entok, pakan hingga kandang untuk keperluan budi daya. Pemberian secara simbolis dilakukan oleh Akmal dan Virnanto kepada Ketua Komunitas Unggas Solo Utara, Yuliansyah Y.S. 

Baca juga : Orang Muda Ganjar DIY Beri Bantuan Tampungan Air Ke Warga Nglegi

Dalam acara ini, para peserta diberikan informasi tentang pasar potensial untuk produk-produk entok, termasuk permintaan yang terus meningkat untuk daging entok, telur entok, dan produk olahan entok lainnya. 

Mereka juga akan diberi wawasan tentang strategi pemasaran yang efektif, pengembangan merek, serta peluang ekspor yang dapat dimanfaatkan.

Antusias

Para peserta sendiri merasa sangat antusias dengan pelaksanaan lokakarya ini. Mereka melihat potensi besar dalam budidaya entok dan ingin memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

Baca juga : Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Adakan Edukasi Budi Daya Rumput Laut Di Lampung

Beberapa peserta bahkan berencana untuk mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan segera setelah pelatihan selesai, salah satunya Nisa. 

"Acaranya seru, bermanfaat banget, apalagi buat anak muda zaman sekarang, buka peluang banget bisnis tentang ternak entok sendiri. Jadi bener-bener niat tertarik pengen usaha," kata perempuan muda asal Karanganyar tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.