Dark/Light Mode

Tambah Pengetahuan Jemaah

Usbat Ganjar Berikan Pelatihan Tahtim Dan Tahlil Di Medan

Selasa, 23 Mei 2023 19:11 WIB
Relawan Usbat Sumut mengadakan pelatihan tahtim dan tahlil untuk jemaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut, Selasa (23/5). (Foto: Ist)
Relawan Usbat Sumut mengadakan pelatihan tahtim dan tahlil untuk jemaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut, Selasa (23/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar pelatihan keagamaan. 

Kali ini, relawan Usbat Sumut mengadakan pelatihan tahtim dan tahlil untuk jemaah Majelis Taklim Mujahidah di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut. 

Ratusan jemaah majelis ikut serta dalam pelatihan yang dihelat pada Selasa (23/5) tersebut. Mereka tampak antusias penyampaian materi oleh relawan. 

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Medan, Muhammad Nizar Nur mengatakan pelatihan tahtim dan tahlil cukup penting untuk menambah pengetahuan para jemaah. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Adakan Pelatihan Menghias Kue Bareng Milenial Di Blora

"Tahtim itu belajar membaca Al-Qur’an, kemudian tahlil itu untuk membiasakan diri bagi umat Islam agar kita terus melafalkan kalimat-kalimat thayyibah dalam kehidupan," jelasnya. 

Dalam pelatihan itu, pemateri dari relawan Usbat mengedukasi para jemaah dengan mengoreksi beberapa bacaan dalam kitab Al-Qur’an yang biasa dibaca salah secara tajwid. 

"Kalau kami lihat dari perspektif manapun, betapa pentingnya kita untuk belajar tahtim dan tahlil ini," kata Nizar. 

Dalam silaturahminya selamat Majelis Taklim Mujahidah, relawan Usbat juga menyerahkan bantuan pengeras suara dan tikar kepada para jemaah. 

Baca juga : Gardu Ganjar Banten Berikan Sentuhan Bantuan Di Tangerang

Diharapkan, bantuan ini bisa dimanfaatkan para jemaah untuk menggelar berbagai kegiatan majelis. 

Nizar melanjutkan, pihaknya akan terus melanjutkan program-program pelatihan keagamaan di wilayah lainnya di Sumatera Utara. 

"Program-program seperti ini, kami terinspirasi dari Bapak Ganjar sendiri. Beliau bisa dikatakan adalah bapak dari para tokoh masyarakat, yang selalu mengajak umat supaya belajar bertahtim dan bertahlil," pungkas Nazir. 

Kebutuhan Majelis

Baca juga : Sukarelawan Ganjar Gelar Pelatihan Tanam Jagung Di Deli Serdang

Ketua Majelis Taklim Mujahidah, Laili Nur mengapresiasi bantuan pengeras suara dan tikar yang diberikan relawan Usbat Ganjar. Bantuan dari Usbat menjawab kebutuhan jemaah majelis. 

"Selama ini kami kan belum ada sound system, kadang pinjam kadang enggak pakai sound system sama sekali," jelas Laili. 

Dia juga menyambut baik digelarnya pelatihan tahtim dan tahlil di wilayahnya. Dia mengaku banyak para jemaah yang belum begitu paham konsep tahtim dan tahlil. 

"Sehingga dengan pembelajaran ini kami merasa bermanfaat sekali untuk ke depannya. Kami berterima kasih kepada Usbat yang mengahari kami soal tahtim dan tahlil ini," syukurnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.