Dark/Light Mode

Tambah Penghasilan Keluarga

Emak-Emak Nelayan Di Padang Antusias Ikut Pelatihan Bikin Sabun Cuci

Jumat, 16 Juni 2023 06:02 WIB
Pelatihan pembuatan sabun cuci di Taman Muaro Lasak, Pantai Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6). (Foto: Ist)
Pelatihan pembuatan sabun cuci di Taman Muaro Lasak, Pantai Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sabun cuci saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, sebab sangat potensial dan menjanjikan pundi-pundi rupiah. Melihat keuntungan tersebut, UMKM Sahabat Sandi menggerakkan perekonomian keluarga dengan berbagi inspirasi peluang usaha skala rumahan bagi ibu rumah tangga.

Mayoritas masyarakat di pesisir Kota Padang penduduknya bekerja sebagai nelayan. Terkadang pendapatan dari tangkapan ikan dan melaut pun kurang maksimal, hal tersebut tentunya berpengaruh pada penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketua UMKM Sahabat Sandi, Taufik Hidayat mengatakan pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kota Padang, terutama ibu rumah tangga. Dikarenakan apresiasi dari peserta pelatihan sangat tinggi, mereka gerak cepat dengan mengikuti instruksi dari para mentor untuk memulai berwirausaha.

Baca juga : Mahfud MD Tegaskan Negara Hadir Di Perbatasan Dan Pulau Terluar

Lebih lanjut, Taufik menyatakan program ini dapat mempercepat harapan Sandiaga Uno dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"UMKM Sahabat Sandi mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci yang bertujuan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan membuka peluang usaha, kami melihat ini sangat menjanjikan. Sehingga harapan Pak Sandi dapat terealisasikan untuk meningkatkan perekonomian pelaku-pelaku UMKM," kata Taufik di Taman Muaro Lasak, Pantai Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6).

Melalui dorongannya, Sandiaga Uno ingin menciptakan peluang bagi UMKM di Indonesia secara luas. Maka, program ini dapat menjadi bukti bahwa para ibu rumah tangga bisa lebih kreatif dalam menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Baca juga : Menpora Jempolin Anak Muda Antusias Ikut Pekan Olahraga Tradisional

"Kami mengenal Pak Sandiaga Uno sebelum menjadi Menteri, beliau penggerak ekonomi untuk menciptakan UMKM-UMKM di Indonesia secara luas. Dengan demikian pelatihan ini tidak cukup sampai disini, harapannya berkelanjutan dari niat kita bahwa ibu-ibu bisa menjadi bukti untuk ekonomi keluarganya," tegas Taufik.

Peserta pelatihan menunjukkan telah memahami proses pembuatan sabun cuci untuk mencoba lebih jauh secara mandiri. Mereka juga termotivasi untuk menjadikan keterampilannya sebagai peluang usaha sampingan guna meningkatkan 
penghasilan keluarga.

Sementara itu, peserta pelatihan Moni (42) menyampaikan program Sandiaga Uno sangat bermanfaat untuk menambah ide wirausaha. Ia juga menambahkan, ingin membuka usaha sabun cuci bersama ibu-ibu Kota Padang.

Baca juga : Emak-emak Bandung Barat Antusias Ikut Pelatihan Produksi Abon Lele

"Insyallah ilmu dari pelatihan sabun cuci dapat saya jalankan untuk penghasilan keluarga, apalagi suami saya seorang nelayan belum tentu setiap melaut dapat ikan. Kami berharap programnya dapat dilakukan ditempat lain, agar bisa menambahkan perekonomian bagi masyarakat pesisir pantai, ini sangat bermanfaat," jelas Moni.

Moni dan peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno telah membagikan ilmunya di Kota Padang semoga terus mensejahterakan rakyatnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.