Dark/Light Mode

Maarif Institute Apresiasi Kapolri Yang Selalu Berusaha Dekat Rakyat

Sabtu, 24 Juni 2023 21:10 WIB
Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana. (Foto: Ist)
Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Listyo Sigit Prabowo dinilai berhasil menyerap aspirasi dan mengubah keluh kesah masyarakat dengan solusi. Maarif Institute menyebut beberapa program dan kebijakan diambil dengan harapan mempermudah masyarakat berinteraksi dengan korps Bhayangkara.

Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana mengatakan, belum lama Kapolri mengkritisi sulitnya ujian untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Ini merupakan bukti jika Kapolri mendengarkan keluhan dan keresahan masyarakat.

"Bentuk perhatian Kapolri terhadap kenyamanan masyarakat merupakam bentuk nyata dari Polri Presisi. Dan masukan masyarakat langsung ditindaklanjuti, ini nilai yang harus kita apresiasi," katanya.

Baca juga : Gelar Baksos Kesehatan, Kapolri: Demi Keselamatan Masyarakat

Dia menilai, program Jumat Curhat yang digagas Kapolri juga menjadi garda terdepan dalam mendekatkan Polri dengan rakyat. Karena masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara langsung. Bahkan program Jumat Curhat ini meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

"Jumat Curhat ini menjadi efektif karena dijalankan serempak di seluruh Indonesia. Masyarakat bisa dengan bebas menyampaikan unek-unek, mulai dari permasalahan kecil hingga korporasi. Dampakmya ini meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri," ujarnya.

Terbaru, Kapolri juga meluncurkan aplikasi 'Tanya Dokkes Presisi'. Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan dokter dari kepolisian untuk berkonsultasi mengenai kesehatan. Aplikasi ini juga memberikan informasi terkait ketersediaan dan kapasitas kamar di RS Bhayangkara.

Baca juga : Menteri Teten : UMKM Masih Dipersulit Agunan, Perbankan Harus Beri Kemudahan Pembiayaan

Lembaga yang didirikan guru bangsa, Almarhum Buya Syafii Maarif itu mengungkapkan, pemanfaatan terknologi digital ini merupakan upaya Kapolri untuk mengoptimalkan sumber daya di Polri.

"Saya melihat Kapolri ingin memberikan yang terbaik dalam pelayanan. Termasuk aplikasi Tanya Dokkes Presisi merupakan cara Kapolri untuk lebih dekat lagi dalam pelayanan publik dengan mengoptimalkan SDM yang ada," bebernya.

Pada tahun 2023 ini untuk peringatan HUT ke-77 Bhayangkara mengusung tema "POLRI PRESISI UNTUK NEGERI" Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.