Dark/Light Mode

Manfaatkan Media Digital, Fikom Ubhara Jaya Dorong Kecakapan Berbahasa Untuk Siswa SD

Selasa, 27 Juni 2023 21:49 WIB
Fikom Ubhara Jaya bersama The Head Foundation Singapura memberikan pelatihan dan pendampinan kepada siswa SDN Mekar Bakti 01 Bekasi. (Foto: Istimewa)
Fikom Ubhara Jaya bersama The Head Foundation Singapura memberikan pelatihan dan pendampinan kepada siswa SDN Mekar Bakti 01 Bekasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris dan Indonesia serta kemampuan numerasi berbasis matematika pada anak usia Sekolah Dasar (SD).

Hal ini yang dilakukan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Fikom Ubhara Jaya) bersama The Head Foundation Singapura memberikan pelatihan dan pendampinan kepada siswa SDN Mekar Bakti 01 Bekasi.

Lebih dari 50 siswa kelas satu dan dua dibimbing untuk memanfaatkan perangkat Teknologi Komunikasi Digital (TKD) dalam rangka implementasi konsep Sekolah Enuma digelar di Bekasi, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Baca juga : Cetak Seniman Hebat, Desainer Migi Rihasalay Dorong Anak-anak Tanjung Lesung Melukis

"Sekolah Enuma merupakan sebuah upaya meingkatkan literasi anak melalui edukasi numerasi dan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia," jelas Wakil Dekan III sekaligus penanggung jawab program, Wa Ode Sitti Nurhaliza dalam keterangannya, Selasa (27/6).

Sitti menambahkan, penguatan literasi diberikan dengan memanfaatkan TKD seperti tablet atau smartphone sebagai sarana pembelajaran bahasa dan matematika.

Dalam praktiknya para siswa SDN Mulya Bakti didampingi mahasiswa dalam pemantauan dosen Fikom, melibatkan juga guru serta wali siswa sehingga proses pembelajaran berlangsung baik dan holistik.

Baca juga : Ganjar Sejati Jabar Gelar Pelatihan Pembuatan Tahu

Dosen yang tengah melanjutkan studi doktoral (S3) di Institut Pertanian Bogor (IPB), program Sekolah Enuma membantu mengarahkan anak untuk memakai teknologi digital dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan generasi juara.

Program champion atau kampus juara yang didukung tersebut selain dibimbing mahasiswa dan dosen Ubhara Jaya juga didukung sarana video dan buku bacaan menarik yang membuat senang bagi peserta.

"Program ini sangat bermanfaat dan menarik bahkan anak-anak jadi senang main tablet untuk perkuat literasi jadi kegiatan seperti ini perlu dilanjutkan,” ujar Kepala Sekolah SDN Mulya Bakti 01, Dede Esih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.