Dark/Light Mode

Dukung Digitalisasi

Kemenkominfo Gelar Literasi Digital Sektor Pemerintahan Untuk ASN

Kamis, 6 April 2023 08:48 WIB
Kemenkominfo menggelar Literasi Digital untuk ASN secara hybrid di Hotel Santika ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (5/4). (Foto: Kemenkominfo)
Kemenkominfo menggelar Literasi Digital untuk ASN secara hybrid di Hotel Santika ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (5/4). (Foto: Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan SDM Kemenkominfo secara hybrid di Hotel Santika ICE BSD, Tangerang Selatan, (Senin - Rabu, 3-5 April 2023).

Pada hari pertama, kegiatan ini ditujukkan untuk JPT Madya (Pimpinan Unit Kerja dan Staf Ahli) dan JPT Pratama Kemenkominfo yang mencapai 68 peserta.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi ASN dan SDM Kemenkominfo di bidang digital. Selain itu, Literasi Digital Sektor Pemerintahan juga dilakukan agar pegawai Kemenkominfo mampu memahami serta menghadapi isu yang sedang berkembang di masyarakat, terutama mengenai tahun politik.

Baca juga : Dunia Fantasi Berkolaborasi dengan Komunitas Pemuda Berjamaah Hadirkan 1.000 Santri

Pegawai Kemenkominfo juga diharapkan dapat memahami kultur digital serta kode etik untuk mewujudkan terciptanya netralitas dalam rangka memberi pelayanan terbaik sebagai aparatur negara.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00.

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”.

Baca juga : GMC Sumut Gelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Warga Karo

Kegiatan literasi digital yang diselenggarakan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkominfo ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan dari Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto.

Dalam laporannya, Boni mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini Aparatur Pemerintah diharapkan mampu mengelola rasa untuk menjadi perekat dan pemersatu bangsa pada kehidupan digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.