Dark/Light Mode

Penumpang Pelita Air Lahirkan Bayi Cantik Dengan Selamat Di Pesawat

Kamis, 29 Juni 2023 16:09 WIB
Proses evaluasi ibu melahirkan di pesawat. (Foto: Dok. Pelita Air)
Proses evaluasi ibu melahirkan di pesawat. (Foto: Dok. Pelita Air)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang perempuan melahirkan bayi dengan selamat pada saat perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya, di pesawat Pelita Air, Selasa siang (27/6). Hal ini diketahui dari sebuah unggahan video Instastory akun @eunikelavenia milik Eunike Lavenia Augie. Eunike merupakan salah satu dari penumpang Pelita Air yang menyaksikan kelahiran itu dan merasakan langsung peristiwa yang menegangkan sekaligus mengharukan.

Eunike menceritakan, saat itu dirinya kali kedua terbang bersama Pelita Air, karena sebelumnya mempunyai pengalaman penyenangkan naik maskapai anak usaha Pertamina tersebut. Untuk penerbangannya kedua, ia sengaja memilih siang hari untuk ke Surabaya.

"Pas awal, naik sudah agak mikir, kenapa ibu depan aku kok seat-nya sudah disenderin ke belakang. Padahal, lagi take-off, cuma berusaha untuk positive thinking aja, mungkin ibu yang duduk di depan ini lagi kurang enak badan,” tuturnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (29/6).

Baca juga : Milenial Ganjar Gelar Perlombaan Menganyam Ketupat Di Ketapang

Selang setengah jam kemudian, ada ibu-ibu memanggil pramugari yang meminta air hangat untuk ibu yang di duduk depan Eunike. Saat itu, Eunike masih menduga ibu yang ada di depannya sedang tidak enak badan. Namun, dia tiba-tiba kaget karena celana ibu tersebut sudah basah dengan darah.

Saat itu, dirinya baru mengetahui kalau ibu yang di depannya sudah siap lahiran. "Terus kayaknya sudah bukaan berapa gitu, karena kepala bayinya sudah keluar. Bahkan muka ibunya sudah nahan sakit dan kayak sesak napas," tuturnya.

Seketika, pramugari gerak cepat dengan mengumumkan membutuhkan tenaga medis yang bisa membantu proses melahirkan. Akhirnya, para penumpang ibu-ibu saling bahu dengan membuat ruang lahiran menggunakan gorden pesawat.

Baca juga : Meneladani Nabi Ibrahim Saat Idul Adha Dengan Ketaatan Dan Pengorbanan

"Nggak lama, si baby keluar nangis. Semua penumpang tepuk tangan. Puji Tuhan bersyukur banget bayinya sehat, sempurna, nangis, cantik," tuturnya.

Eunike memberikan highlight statement melalui Instastorynya berupa pujian untuk semua crew Pelita Air yang bertugas pada hari itu baik, dari pramugari, captain, sampai petugas lapangan, dan juga para penumpang semua yang membantu proses sebelum melahirkan, saat melahirkan, dan setelah melahirkan.

"Semua kooperatif, gercep, begitu sampai juga langsung dievakuasi. ibu dan bayinya duluan. Dan buat yang nanya kok boleh hamil besar naik pesawat, tadi kalau sepengetahuan aku, ibunya hamil sekitar 7 bulanan dan pastinya juga nggak expect kalau bakalan lahiran di pesawat dan sendirian terbangnya. Karena setahu aku pasti dapat treatment khusus dan butuh surat dokter kalau ibu hamil naik pesawat. Kita sama-sama doain semoga ibu dan baby-nya recovering well yah," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.