Dark/Light Mode

Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Agar-Agar Rumput Laut

Selasa, 18 Juli 2023 17:08 WIB
Sukarelawan Pendukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi agar-agar di rumah warga Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulses, pada Selasa (18/7). (Foto: Ist)
Sukarelawan Pendukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi agar-agar di rumah warga Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulses, pada Selasa (18/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Passeddingeng Ganjar kembali menggelar kegiatan positif dan bermanfaat untuk memberdayakan warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sukarelawan Pendukung Ganjar Pranowo tersebut mengadakan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi agar-agar di rumah warga Desa Bulu-Bulu, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulses, pada Selasa (18/7).

Koordinator Daerah Gerakan Passeddingeng Masyarakat Bone Ruslandi mengatakan pihaknya sengaja menggelar pelatihan ini karena melihat potensi besar masyarakat Desa Bulu-Bulu, Bone, Sulsel, yang merupakan penghasil dan pembudi daya rumput laut. 

"Kami menggelar pelatihan ini karena masyarakat di sini adalah komunitas pembudi daya rumput laut," ucapnya.

Menurut Ruslandi, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat desa setempat tidak hanya menjual hasil mentah rumput laut, tetapi bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan yang bermanfaat sekaligus menyehatkan seperti agar-agar.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Gelar Pembinaan UMKM Dan Senam Sehat Di Solo

"Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan pengolahan rumput laut menjadi agar-agar supaya perekonomian masyarakat Desa Bulu-Bulu lebih meningkat. Khususnya dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan makanan seperti kue agar-agar," tuturnya.

Ruslandi menjelaskan, dengan adanya pelatihan pengolahan rumput laut menjadi agar-agar ini makin meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat Bone. Menurut dia, pelatihan ini sekaligus membuka peluang warga untuk membuka usaha agar-agar sehingga muncul UMKM-UMKM baru di desa tersebut.

"Menciptakan peluang untuk usaha UMKM. Harapannya, melalui kegiatan ini, masyarakat mencoba membuka usaha kreatif dengan menjual agar-agar dari hasil budi daya mereka," jelasnya.

Ruslandi menuturkan para peserta sangat antusias mengukuti jalannya pelatihan tersebut. Terbukti ada sekitar 50 warga yang hadir dan menyimak dengan baik cara pembuatan agar-agar ini.

Dalam pelatihan ini, Gerakan Passeddingeng juga menyosialisasikan dan mendoakan sosok Ganjar Pranowo agar menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029. Para warga pun menyambut baik sosialisasi ini dan ikut mengamininya.

Baca juga : Andika Dan Arsjad Bakal Jadi Pembicara Pelatihan Pemenangan Ganjar

"Kami juga hadir di Desa Bulu-Bulu untuk menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024 dan mencakup lokasi-lokasi yang belum tersentuh oleh kami," ungkapnya.

Sementara itu, Hartati, peserta pelatihan pengolahan rumput laut, merasa antusias dan mengikuti ini pelatihan ini dengan baik. Perempuan yang juga pembudi daya rumput laut tersebut tertarik untuk mengolahnya menjadi agar-agar supaya pendapatannya makin bertambah. 

"Kegiatan kali ini memproses bikin agar-agar untuk usaha dan dijual. Kami menyambut baik kegiatan ini. Kami membuat agar-agar dari bahan dasar rumput laut hijau yang kami produksi sendiri," katanya.

Perempuan berusia 51 tahun ini juga memaparkan tahap pembuatan agar-agar dari rumput laut dari hasil budi daya masyarakat desa. 

"Tahapannya, kami cuci lebih dahulu rumput laut, kemudian di-blend, lalu dicampur tiga gelas air. Terus dimasak dengan menggunakan panci, campurkan gula, lalu diaduk-aduk. Setelah itu didinginkan," jelasnya.

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Bagi Ibu-Ibu Di Sumut

Hartati tertarik untuk membuka usaha agar-agar untuk dijual kepada masyarakat sekitar perekonomian keluarganya makin meningkat. Dia juga berharap pelatihan yang memanfaatkan rumput laut makin digencarkan.

"Tertarik supaya usaha ini makin maju untuk perekonomian makin meningkat. Saya berharap kegiatan ini dilanjutkan dengan baik supaya masyarakat Desa Bulu-Bulu, rumput lautnya makin disambut di usaha-usaha lain," ujarnya.

Kemudian, dia berharap, jika terpilih sebagai presiden Indonesai pada 2024, Ganjar Pranowo lebih memperhatikan masyarakat pembudi daya rumput laut agar makin berkembang.

"Semoga Bapak Ganjar Pranowo melihat dan memperhatikan masyarakat di sini supaya produksi rumput lautnya meningkat," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.