Dark/Light Mode

Pandawa Ganjar Lakukan Baksos Dan Serahkan Tempat Sampah Untuk Warga Di Makassar

Jumat, 21 Juli 2023 07:35 WIB
Sukarelawan Pandawa Ganjar melakukan bakti sosial bersama warga secara bahu-membahu membersihkan saluran air dan jalan umum dari sampah dan tanaman liar,Kamis (20/7) pagi.
Sukarelawan Pandawa Ganjar melakukan bakti sosial bersama warga secara bahu-membahu membersihkan saluran air dan jalan umum dari sampah dan tanaman liar,Kamis (20/7) pagi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran para sukarelawan Pandawa Ganjar di Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini, Kota Makassar membawa kebersihan dan keindahan bagi lingkungan pemukiman warga.

Mereka melakukan bakti sosial bersama warga secara bahu-membahu membersihkan saluran air dan jalan umum dari sampah dan tanaman liar pada Kamis (20/7) pagi.

"Kegiatan hari ini itu kegiatan bakti sosial sekaligus penyerahan tempat sampah. Kami bersama masyarakat Karunrung untuk kemudian bersama-sama membersihkan wilayah setempat demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan," kata Koordinator Wilayah Pandawa Ganjar Sulawesi, Bayu.

Sebelumnya, lingkungan perumahan di sana dinilai kotor lantaran kurangnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ditambah kurangnya fasilitas tempat sampah di masing-masing rumah.

Oleh karena itu, Bayu bersama para sukarelawan Pandawa Ganjar pun berinisiatif mengajak warga bersih-bersih sekaligus menyerahkan bantuan tempat sampah untuk wilayah perumahan tersebut.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Adakan Pelatihan Membuat Kue Putu Ambon Di Bone

"Penyerahan bantuan itu berupa tempat sampah di mana tempat sampah ini yang diinginkan masyarakat setempat. (Tempat sampah) masih kurang, karena kebetulan tempat sampah di sekitar sini itu sama sekali belum ada," ujarnya.

Selama ini, warga mengeluh harus membuang sampah ke tempat pengumpulan sampah yang jaraknya cukup jauh dari lingkungan perumahan tempat digelarnya kegiatan bakti sosial.

Menurut Bayu, fasilitas tempat sampah yang minim dan terjangkau oleh warga diperburuk dengan kebiasaan mereka untuk membuang sampah sembarangan di jalanan hingga saluran air.

"Ada satu (tempat sampah) tetapi dia dalam bentuk bak sampah di mana jauh dari akses warga untuk membuang sampah. Makanya, (warga) meminta untuk difasilitasi diadakan tempat sampah mini untuk masing rumah tangga yang ada di Kelurahan Karunrung," tuturnya.

Pendekatan yang dilakukan para sukarelawan Pandawa Ganjar itu mendapatkan sambutan yang positif dari warga Kelurahan Karunrung sehingga mereka lebih terbuka untuk berdiskusi tentang calon presiden 2024 yang diusung, yakni Ganjar Pranowo.

Baca juga : Relawan Ganjar Sejati Bangun Bak Penampungan Air Bersama Petani Di Kota Banjar

"Setelah kita sharing-sharing dengan warga, warga sangat antusias dan kemudian berkomitmen untuk bersama-sama untuk kemudian memenangkan Ganjar di Pilpres 2024," kata Bayu memastikan.

Dalam hal kebersihan, Ganjar selaku Gubernur Jawa Tengah disebut telah melakukan pengelolaan sampah secara konsistensi dari hulu hingga hilir, bahkan sampai memberikan nilai tambah bagi masyarakat setelah dilakukan edukasi yang berkelanjutan.

Jateng diketahui memiliki beberapa contoh pengelolaan sampah di daerah yang dapat direplikasi oleh daerah lainnya, sehingga persoalan sampah di Indonesia bisa diatasi apabila dilakukan pergerakan menyeluruh di seluruh wilayah.

Pergerakan besar itu pun bisa diawali dengan melakukan pergerakan kecil seperti halnya kegiatan bakti sosial yang digagas kelompok sukarelawan Pandawa Ganjar kali ini.

"Saya kira sangat bermanfaat ke depannya untuk bakti sosial Pandawa Ganjar karena menyentuh masyarakat bawah khususnya Karunrung," kata salah seorang warga Kelurahan Karunrung, Arifin.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Gelar Pembinaan UMKM Dan Senam Sehat Di Solo

Setelah dilakukan pembersihan secara menyeluruh, warga pun menyadari hasilnya cukup memuaskan karena lingkungan mereka jadi terlihat lebih bersih dan indah.

"Alhamdulillah jadi bersih dan akurat di mana bakti sosial ini sangat sangat menyentuh (sesuai kebutuhan) warga Karunrung. Bermanfaat. Bantuannya alhamdulillah berupa tempat sampah," ujar Arifin.

Kesempatan itu juga tidak disia-siakan warga untuk mengenal lebih dekat sosok Ganjar Pranowo melalui para sukarelawan Pandawa Ganjar, sekaligus menitipkan harapan apabila Ganjar terpilih menjadi presiden 2024.

"Mudah-mudahan tetap dilakukan bakti sosial untuk menyentuh masyarakat-masyarakat kalangan bawah," kata Arifin berharap Ganjar konsisten setelah menjadi presiden nanti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.