Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Beri Bantuan Air Bersih Gratis Untuk Warga Kurang Mampu Di Banjarnegara

Kamis, 27 Juli 2023 11:09 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kembali menyalurkan sejumlah bantuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Kali ini, Ganjar membantu Sistem Penyediaan Air Bersih SPAM ke masyarakat desa. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kembali menyalurkan sejumlah bantuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Kali ini, Ganjar membantu Sistem Penyediaan Air Bersih SPAM ke masyarakat desa. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kembali menyalurkan sejumlah bantuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Kali ini, Ganjar membantu Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) ke masyarakat desa.

Sebanyak 80 KK di Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara mendapatkan bantuan SPAM. Bantuan itu ditujukan untuk perbaikan kualitas air yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Ganjar menjelaskan, bantuan SPAM juga diberikan untuk menyikapi musim kemarau yang terjadi di sejumlah daerah.

Baca juga : Kowarteg Ganjar Beri Pelatihan Kuliner Untuk Ibu-Ibu Prasejahtera Di Kebon Jeruk

"Di beberapa tempat memang beberapa hari tidak ada air bersih, maka kita cari agar bisa mandiri. Kita berikan bantuan dari pemprov kemudian kita tarik ke desa, nanti beberapa RT akan bisa mendapatkan sumber air bersih. Harapan kita air bersihnya akan bisa terjamin jauh lebih bagus," ujar Ganjar, Kamis (27/7).

Bantuan SPAM itu merupakan bantuan air bersih gratis sebagai upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang sedang digalakkan Ganjar di Jawa Tengah. Warga yang mendapatkan bantuan SPAM pun tidak perlu membayar iuran air lagi.

Selain itu, perbaikan kualitas air bersih tersebut diharapkan bisa menyehatkan masyarakat yang mengonsumsi air SPAM sehingga taraf hidupnya ikut meningkat. 

Baca juga : Ganjar Creasi Gelar Perlombaan Mancing Bersama Komunitas Di Sidoarjo

"Tinggal beberapa KK yang belum ada nanti kita minta dari desa meneruskan, dari kabupaten meneruskan. Sekarang sudah 80 KK yang sudah, yang belum 120 KK tinggal dibuat nanti ditarik dengan baja ringan," kata Ganjar.

Adapun biaya pembangunan SPAM Desa Plumbungan berasal dari Bantuan Pemprov Jawa Tengah dengan nilai kontrak mencapai Rp350.135.192 dari APBD 2023.

Bantuan yang diberikan terdiri dari bak pengumpul, reservoir utama, man hole bak reservoir dan water meter sambungan rumah.

Baca juga : Gardu Ganjar Gelar Bersih-Bersih Di Serang Untuk Cegah DBD

Sementara itu salah satu penerima bantuan SPAM bernama Kasinem menuturkan, sebelum ada bantuan harus turun ke sungai untuk mengambil air bersih menggunakan ember.

Kini setelah dibantu Ganjar, dia dan keluarganya dapat menikmati air bersih dan dapat digunakan kapan saja tanpa harus susah payah lagi mendapatkan air bersih.

"Iya dulu mengambil airnya pakai ember. Sekarang dapat bantuan SPAM alhamdulillah. Saya berterimakasih sekali sudah dibantu Pak Ganjar," tutur Kasinem.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.