Dark/Light Mode

Cek Formasi CPNS 2023! Guru Dan Tenaga Kesehatan Full Senyum, Honorer Prioritas

Selasa, 8 Agustus 2023 15:42 WIB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. (Foto: Menpan.go.id)
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. (Foto: Menpan.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, pemerintah kembali membuka seleksi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Total ada 572.496 formasi yang tersedia untuk CPNS 2023 dan PPPK. Sebanyak 80 persen diantaranya diplot untuk guru dan tenaga kesehatan.

Dari sekitar setengah juta formasi itu, terbagi untuk pemerintah pusat yakni sebanyak 78.862 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.

Dari total Alokasi formasi CASN itu dibagi lagi antara CPNS dan PPPK. Di pemerintah pusat, sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. 

Baca juga : Mantap, Guru Dan Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas

Sementara di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, lalu 154.724 PPPK untuk Tenaga Kesehatan. Hanya sekitar 42.826 diplot untuk PPPK Teknis. 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengaku pemerintah punya alasan tersendiri, ketika memutuskan kuota paling besar untuk guru dan tenaga kesehatan dan formasi CASN 2023. Diantaranya, karena pemerintah saat ini fokus pada pelayanan dasar.

“Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan,” ujar Anas.

Baca juga : Ganjar Dorong Masalah Kesehatan Mental Generasi Muda Jadi Prioritas Nasional

Selain itu, pemerintah juga memberikan kesempatan rekrutmen kepada talenta digital dan data scientist. Lalu mengurangi rekrutmen pada formasi yang akan terdampak transformasi digital.

Selain itu, tenaga honorer juga bakal jadi prioritas dan rekrutmen CASN kali ini. Karena mereka juga bakal dijatah 80 persen dari total kebutuhan CASN tahun ini.Hanya sekitar 20 persen diberikan kepada pelamar umum.

"Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi, menunjukkan keberpihakan untuk tenaga non-ASN atau honorer, juga kepada eks THK-II, karena mereka telah mengabdi," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.