Dark/Light Mode

Obati Polusi Udara

Hujan Buatan Nggak Berhasil Di Jakarta

Rabu, 23 Agustus 2023 08:00 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto. (Foto: dok. Pemprov DKI)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto. (Foto: dok. Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usaha Pemerintah untuk mengobati polusi udara di Jakarta belum membuahkan hasil. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berupa hujan buatan tidak turun di langit Jakarta karena terkendala minimnya awan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menjelaskan, fenomena alam El Nino menyebabkan langit di Ibu Kota Jakarta tidak punya awan. Padahal, kata dia, awan adalah salah satu faktor krusial untuk melakukan hujan buatan. Adapun konsentrasi awan yang dibutuhkan untuk membuat hujan buatan minimal 30 persen.

“Memang kesulitan itu menjadi dasar tidak dapat turun hujan di wilayah Jakarta,” kata Asep, dalam rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemarin.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Minta Ini Ke Industri

Asep mengatakan, sebenarnya tim gabungan antara Pemprov DKI, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah sempat melakukan uji coba TMC pada 19 dan 20 Agustus 2023. Wilayah yang dilakukan modifikasi cuaca ada di wilayah penyangga ibu kota. Namun, upaya itu tak berhasil menghadirkan hujan di Jakarta.

“Hanya hujan di Bogor, Pamulang, dan gerimis saja di Depok,” ungkapnya.

Saat ini, Asep mengakui, pihaknya hanya bisa menunggu terciptanya awan di langit Jakarta. Sebab berdasarkan perkiraan, awan belum bisa terbentuk hingga 29 Agustus 2023.

Baca juga : Wamen Tiko Ajak Warga Naik LRT Jabodebek

Sambil menunggu, Asep tengah mempelajari alternatif lain untuk menekan polusi udara di Jakarta yang kian memburuk. Salah satunya menyulap generator di sejumlah gedung tinggi ibu kota menjadi blower peniup angin dan air, seperti kipas yang kerap ditemui di acara kondangan.

“Sedang kami diskusikan intens dengan kementerian, karena memang secara TMC itu tidak mungkin untuk saat ini,” paparnya.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya juga mengatakan, ada kendala dalam menciptakan hujan buatan di wilayah Jakarta. Salah satunya adalah faktor geografis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.