Dark/Light Mode

Putra Herman Herry Gelar Lomba Pacuan Kuda: Rawat Budaya, Dorong Ekonomi Lokal

Kamis, 24 Agustus 2023 21:50 WIB
Stevano Rizky Adranacus memberikan hadiah saat Lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano di Sumba Timur/Ist
Stevano Rizky Adranacus memberikan hadiah saat Lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano di Sumba Timur/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Stevano Rizky Adranacus, putra politikus senior PDI Perjuangan Herman Herry, menggelar Lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano pada 4-17 Agustus di Kecamatan Lewa, Sumba Timur. 

Stevano yang juga calon legislatif DPR dapil NTT II (meliputi Timor, Rote Ndao, Sabu Raijua, dan Sumba) dari PDI Perjuangan ini menyampaikan, selain menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, lomba pacuan kuda tersebut sebagai upaya mempertahankan tradisi warisan kebudayaan warga Sumba dalam merawat dan beternak kuda.

"Selain menjadi daya tarik wisatawan, lomba pacuan kuda ini memiliki makna historis dan kultural bagi warga Sumba. Saya kira seluruh generasi muda Sumba harus tetap merawat budaya luhur ini," kata Stevano’kepada wartawan di Jakarta, Kamis (24/8).

Stevano berharap, lomba pacuan kuda Sahabat Stevano ini bisa mendorong semangat peternak kuda dan merawat kuda pacu bagi warga Sumba. 

Baca juga : Fraksi PKS Gelar Grand Final Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Bung Karno Di Bali

Hal itu mengingat, makin meningkatnya permintaan kuda pacu di Kecamatan Lewa.

Ke depannya, Stevano mendorong agar budaya pacuan kuda ini harus dipromosikan secara masif agar menarik wisatawan untuk datang ke Sumba.

"Kita harus membuka perspektif bersama, untuk melihat budaya pacuan kuda sebagai potensi ekonomi yang akan memiliki dampak, langsung maupin tidak langsung bagi perekonomian masyarakat Sumba," terang Wakil Bendahara Umum Banteng Muda Indonesia ini. 

Sebelum masuk ke dunia politik, Stevano dikenal memiliki karier mentereng di dunia bisnis. Dari bisnis properti hingga tambang telah digeluti lelaki berusia 29 tahun ini. 

Baca juga : Mak Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di Kota Mataram

Baru-baru ini, Stevano meresmikan resort bintang 5 dengan nama Cap Karoso di Sumba Barat Daya.

Dia telah memutuskan terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah Herman Herry yang telah empat periode menjadi anggota DPR dari PDIP.

Lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano ini dibuka langsung oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing. Dia mengapresiasi gelaran lomba ini. Menurutnya, Stevano bisa menjadi inspirasi bagi seluruh anak muda Sumba selalu mencintai budaya lokal. 

"Kuda bagi orang Sumba adalah kawan seperjalanan, sehingga merawat kuda adalah sesuatu yang mulia bagi orang Sumba. Terima kasih kepada Bapak Stevano atas pergelaran lomba yang meriah ini," ujarnya.

Baca juga : Relawan Prabowo Gelar Lomba Basket Dan Bagikan Sembako Di Sumsel

Sebagai informasi, lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano ini memperlombakan 12 kelas dengan total 523 ekor kuda yang datang dari seluruh daratan Sumba. 

Ketua Panitia Pelaksana Umbu Mbora dalam laporannya menjelaskan, lomba pacuan kuda ini diselenggarakan tidak sekadar mencari juara belaka. Tapi juga untuk meningkatkan persatuan dan meningkatkan nilai jual kuda. 

Sebagai salah satu warisan budaya Sumba, lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata ke Sumba.

"Lomba Pacuan Kuda Sahabat Stevano ini kita lakukan untuk ikut mempromosikan kegiatan tradisional guna menarik wisatawan ke Sumba," kata Umbu Mbora.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.