Dark/Light Mode

ICCN Kolaborasi Kemendikbudristek Gelar Lokakarya Budaya Dan Ekonomi Kreatif

Selasa, 1 Agustus 2023 11:04 WIB
DitjenKemendikbudristek berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menggelar lokakarya budaya. (Foto: Dok. ICCN)
DitjenKemendikbudristek berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menggelar lokakarya budaya. (Foto: Dok. ICCN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbudristek berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN), selesai menggelar lokakarya budaya, Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya pada 13-29 Juli 2023.

Lokakarya yang diselenggarakan secara serial mengambil tema Penjenamaan Kota, dan Cipta Ruang, berlokasi di Jakarta, Bali, serta Bandung, Jawa Barat yang merupakan puncak kegiatan lokakarya.

Hadir para pelaku usaha kreatif dari sebagai anggota jejaring ICCN. ICCN merupakan organisasi jejaring lintas komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten, terutama terkait ini menghadirkan para peserta yang berasal dari 37 provinsi di Indonesia.

Baca juga : Cadas, Jubir Kemenkeu Jawab Sentilan AHY Soal Capaian Di Bidang Ekonomi

“ICCN serta berbagai forum yang dikerjakan ini menjadi ruang untuk kita dapat membangun jejaring, menginisiasi program dan kegiatan yang beragam," ujar Ketua Umum ICCN Tubagus Fiki Chikara Satari dalam keterangannya, Selasa (1/8).

Fiki berharap akan hadir aktivitas ekonomi juga bersamaan dengan solusi-solusi dari level kota. Diharapkan hal ini menghadirkan inovasi sosial yang kita hadirkan secara keberlanjutan.

Lebih lanjut Fiki menegaskan keterikatan erat antara Ekonomi Kreatif dan Budaya sebagai akar kehidupan masyarakat.

Baca juga : Perisai Gelar Lomba Karya Tulis Dan Meme Antipornografi

“Indonesia adalah bangsa yang besar, untuk menjadikan kondisi ini sebagai kekuatan bersama, tentunya kita harus punya strategi, pendekatan moderasi," ujarnya.

Hal itu bisa coba praktikkan sepanjang lokakarya dan kegiatan PKN. Mulai dari ranah ekonomi kreatif Kegiatan ICCN yang kolaborasi dengan PKN ini sangat relevan, karena satu di antara basis ekonomi kreatif juga adalah seni dan budaya, inovasi, teknologi, dan media.

Kegiatan Lokakarya di Bandung turut dihadiri Humas Ditjen Kebudayaan Watie Syar’i, Dewan Kurator PKN 2023 dari Gerakan Kalcer untuk Jenama Berdaya - Handoko Hendroyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bandung, Eric M. Attauriq, serta sambutan dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Baca juga : Mahasiswa FKG Universitas Trisakti Gelar Baksos Pemeriksaan Gigi Gratis

Lokakarya ini diisi rangkaian pemaparan serta diskusi bersama para narasumber, antara lain Barry Beagan (CEO aplikasi Jagat) mengangkat tentang platform lingkup sosial (social immersive) dengan fitur interaksi keseharian antarteman.

Fiki menambahkan tema PKN 2023 yaitu “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan”, dengan simbolisasi lumbung dan ruang tamu, diterjemahkan dalam konteks lokal untuk kegiatan Lokakarya di Bandung menjadi semangat “Mulang Ngabandung”.

"Istilah “Mulang Ngabandung” ini dapat diartikan sebagai ajakan untuk kembali mendengarkan atau menampung inspirasi dari kreativitas kedaerahan dan kultur lokal atau kampung halaman kita," pungkas Fiki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.