Dark/Light Mode

Prabowo Tinjau Langsung Persiapan Muktamar Sufi Internasional Di Pekalongan

Senin, 28 Agustus 2023 19:56 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto meninjau persiapan Mukmatar Sufi Internasional 2023 di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 28/8. (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto meninjau persiapan Mukmatar Sufi Internasional 2023 di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 28/8. (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau persiapan Mukmatar Sufi Internasional 2023 di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (28/8). 

Selama sekitar 60 menit, Prabowo yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pusat perhelatan tersebut, nampak mencermati tiap sudut ruang tempat acara dan sembari sesekali memberi masukan. Ruangan itu didominasi nuansa merah putih. 

Sekretaris Panitia Pusat Muktamar Sufi Internasional Mashudi yang menyambut Prabowo. Ia mengaku senang menerima kedatangannya. Ia bilang pihaknya telah siap menggelar perhelatan tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Menhan selaku Ketua Panitia yang berkenan melakukan tinjauan langsung. Kami sudah siap," kata Mashudi. 

Baca juga : Sinar Mas Gandeng Trina Solar Bangun Pabrik Sel Dan Modul Surya Terintegrasi

Ia menyebut persiapan acara sudah mendekati 100 persen. Mashudi optimistis muktamar sufi sedunia itu bakal berjalan lancar. 

"InsyaAllah dengan masukan Pak Ketua Panitia, besok pelaksanaan semakin lancar. Tetap kita mewaspadai dan bekerja keras demi kesuksesan Muktamar," sambung dia. 

Muktamar Sufi Internasional 2023 akan dibuka resmi pada Selasa (29/8) hingga Kamis (31/8). Kendati demikian, rangkaian acara telah dimulai hari ini, Senin (28/8). 

Rentetan agenda dimulai dengan kirab yang dilakukan berbagai komponen rakyat mulai dari organisasi masyarakat hingga pelajar. 

Baca juga : Menpora Dito Yakin Muaythai Bisa Go Internasional

Mereka berjalan sepanjang 2,9 kilometer dari Stadio Hoegeng menuju Gedung Kansuz Sholawat. Bentangan bendera dan sejumlah kendaraan taktis (rantis) juga nampak ikut dalam iring-iringan tersebut. 

Kemudian pada Selasa (29/8), pembukaan Muktamar Sufi Internasional  2023 akan dilakukan di Sahid International Convention Center. Selain Prabowo, Presiden Jokowi dijadwalkan ikut membuka agenda tersebut. 

Undangan untuk Jokowi sebelumnya telah disampaikan langsung  oleh Prabowo dan Habib Luthfi di Istana Merdeka pada 8 Agustus lalu. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menjelaskan gambaran besar Muktamar Sufi Internasional 2023.

Mengusung tema "Karya Sufi Kontemporer dalam Dunia yang Dinamis", muktamar ini bakal membahas empat bidang melalui sejumlah sidang terbatas. 

Baca juga : Pandawa Ganjar Ajak Warga Ikut Pelatihan Produksi Jamu Tradisional Di Sukabumi

"Fokusnya akan pada empat bidang, yakni pendidikan, ekonomi, IT dan bela negara," kata Mashudi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.