Dark/Light Mode

Alirkan 50 Ribu Liter Air Bersih

Relawan Ganjar Untuk Semua Bantu Redam Kekeringan Di Kabupaten Serang

Senin, 11 September 2023 20:59 WIB
Sukarelawan Ganjar untuk Semua GUS bertindak cepat membantu masyarakat di Kecamatan Tirtayasa dan Kecamatan Tanara di Kabupaten Serang, Banten yang tengah menghadapi krisis air bersih. (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar untuk Semua GUS bertindak cepat membantu masyarakat di Kecamatan Tirtayasa dan Kecamatan Tanara di Kabupaten Serang, Banten yang tengah menghadapi krisis air bersih. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar untuk Semua (GUS) bertindak cepat membantu masyarakat di Kecamatan Tirtayasa dan Kecamatan Tanara di Kabupaten Serang, Banten yang tengah menghadapi krisis air bersih. 

Senin (11/9), loyalis Ganjar Pranowo mengerahkan 10 unit mobil tangki air untuk mendistribusikan air bersih gratis ke sejumlah desa di dua kecamatan tersebut. 

Koordinator Wilayah GUS Kabupaten Serang, Mustofa Abdur Rosid mengatakan, total ada 50 ribu liter air bersih yang diberikan oleh relawan. 

Baca juga : Tekan Stunting, Gardu Ganjar Bagikan Sayuran Hingga Telur Di Kabupaten Tangerang

"Hari ini ada 10 unit (mobil tangki air). Satu unit itu (mengangkut) lima ribu (liter air). Jadi semuanya 50 ribu liter. Insyaallah untuk hari ini, ada 12 RT dan 3000 KK yang sudah terdistribusikan," jelas Mustofa. 

Mustofa menjelaskan, kemarau berkepanjangan telah membuat warga di daerah tersebut telah menghadapi krisis air. Banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih gratis, khususnya untuk konsumsi. 

"Latar belakang kita mendistribusikan air bersih ini, karena kemarau yang cukup panjang juga, sekitar tiga hingga enam bulan. Masyarakat di sini membutuhkan air bersih. Air bersih untuk minum kesulitan," katanya. 

Baca juga : Berkat Gardu Ganjar Banten, 750 KK Terdampak Kekeringan Bisa Nikmati Air Bersih

Warga pun nampak senang dan semangat saat mengantre untuk mendapatkan air bersih gratis. Mereka telah menyiapkan wadah besar untuk menampung air yang dialirkan dari tangki mobil. 

Mustofa menyebut, air tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari konsumsi, mandi, hingga untuk beribadah. 

"Masyarakat di sini sangat gembira, sangat senang dengan pemberian air bersih ini. Harapan mereka untuk semua air bersih ini untuk semua masyarakat tercukupi," tuturnya. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Latih Perempuan Milenial Belajar Usaha Angkringan Di Lampung

Bantuan yang disebut Mustofa terinspirasi dari kedermawanan sosok Ganjar Pranowo ini pun akan berlanjut. Dia mengatakan, bantuan yang diberikan akan menyesuaikan dari kebutuhan masyarakat. 

"Rencana berikutnya, apa yang dibutuhkan masyarakat terutama dalam musim kemarau ini. Bukan hanya air, yang kiranya bisa kami membantunya, insyaallah kami bantu," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.