Dark/Light Mode

Pendaftaran CPNS Dan PPPK 2023 Diperpanjang, Cek Ini Pengumuman Resminya

Senin, 9 Oktober 2023 23:15 WIB
Ilustrasi perpanjangan masa pendaftaran CPNS dan PPPK. (Foto: Twitter/BKNgoid
Ilustrasi perpanjangan masa pendaftaran CPNS dan PPPK. (Foto: Twitter/BKNgoid

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya memperpanjang masa pendaftaran CPNS atau PPPK, dari semula dijadwalkan berakhir malam ini pukul 23.59 WIB.

Perpanjangan masa pendaftaran ini diumumkan BKN di kanal media sosial. Salah satunya di Twitter. Dari pengumuman itu disebutkan bahwa masa pendaftaran ditambah satu hari lagi.

"Dengan adanya penambahan waktu pendaftaran #SeleksiCASN2023 hingga 11 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB, pelamar diminta untuk memanfaatkan perpanjangan waktu dengan maksimal. Ingat ya #SobatBKN jangan menunggu batas waktu untuk mengakhiri pendaftaran kalian!" cuit akun @BKNgoid, Senin (9/10) malam WIB.

"Penambahan waktu pendaftaran seleksi ini juga berlaku bagi pelamar PPPK Guru kebutuhan umum. Ketika portal sudah bisa diakses dicoba berkala ya. Jangan menunggu batas akhir waktu untuk mengakhiri pendaftaran. Dah istirahat sejenak dulu sebelum war portal lagi besok. Mangad," lanjutnya.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Hujan Petir Dan Angin Kencang, BMKG Rilis Peringatan Dini

Selain itu, di hari yang sama BKN juga telah menerbitkan surat resmi dengan nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023.

Dalam surat tersebut dijelaskan alasan perpanjangan masa pendaftaran tersebut, yaitu tingginya trafik pendaftaran pada sistem SSCASN yang berdampak pada portal pendaftaran seleksi CASN Tahun 2023.

"Bersama ini kami sampaikan penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CASN tahun 2023 sebagaimana terlampir," tulis BKN.

Penyesuaian waktu pendaftaran seleksi ini juga berlaku bagi calon PPPK Guru Pelamar Umum. 

Baca juga : Peringati Hari Batik Nasional 2023 Di AS, Dubes Rosan: Wajah Budaya Indonesia

"Dengan adanya surat ini, maka surat Plt. Kepala BKN Nomor: 8871/BKS.04.01/SD/K/2023 tanggal 16 September 2023 dinyatakan dilakukan penyesuaian," lanjutnya.

Catatan BKN, dari 1.134.112 calon pelamar untuk formasi CPNS yang sudah membuat akun di sscasn.bkn.go.id, baru setengahnya atau hanya 55 persen yang sudah berhasil submit atau mengakhiri pendaftaran.

Pelamar jalur PPPK juga mengalami nasib yang sama. PPPK Tenaga Kesehatan misalnya, dari 401.118 akun, baru 69 persen yang sudah submit.

Parahnya lagi, pelamar formasi PPPK Teknis, dari 738.865 akun, baru 49 persen pelamar berhasil submit.

Baca juga : Jika Jabatannya Tak Diperpanjang, Panglima TNI Pilih Jadi Petani

Hanya pendaftar PPPK Guru yang cukup banyak berhasil submit. Yakni dari 431.538 yang mendaftar, sudah 90 persen berhasil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.