Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penghargaan KWP 2023, Intan Fauzi Diganjar Legislator Pro Pemberdayaan Perempuan

Senin, 2 Oktober 2023 22:46 WIB
Foto Anggota DPR Fraksi PAN Intan Fauzi terpampang di layar saat acara KWP Award 2023/Istimewa
Foto Anggota DPR Fraksi PAN Intan Fauzi terpampang di layar saat acara KWP Award 2023/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepedulian Intan Fauzi terhadap isu kesetaraan gender tidak perlu diragukan. Energi perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, ini semakin berlipat ketika diberi amanah oleh Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN). 

Kaum perempuan dari Kota Depok dan Kota Bekasi secara khusus mendapatkan perhatian dari Intan. Baginya, menyuarakan kepentingan kaum perempuan di berbagai sektor kehidupan masyarakat adalah tugas mulia.

"Kepentingan kaum perempuan tidak pernah lelah terus kami suarakan. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat terus meningkat dalam melihat pentingnya peran perempuan, baik sebagai pribadi, istri, ibu dan warga negara yang mendidik generasi penerus bangsa," kata Intan. 

Hal itu disampaikan Intan kepada wartawan usai menerima Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) AWARD 2023 yang diselenggarakan KWP di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (2/10). 

KWP AWARD 2023 mengangkat tema 'Membangun Sinergitas KWP dengan MPR RI, DPR RI, DPD RI dan Kementerian/Lembaga dalam Mewujudkan Parlemen Modern'. 

Baca juga : PPP Setia Bersama Banteng

Dalam ajang bergengsi itu, Intan Fauzi diganjar sebagai Legislator Pro Pemberdayaan Perempuan. 

Ajang pemberian penghargaan terhadap kinerja Legislator, Senator dan Mitra Parlemen terselenggara atas dukungan Bank Mandiri, Hutama Karya, PLN, Pertamina Lubricants, Taspen, Inalum, BNI, MIND ID, BTN, ID FOOD, BPJS Kesehatan, Angkasa Pura I, Pupuk Indonesia, Petrokimia Gresik, Pelindo, Surveyor Indonesia, Angkasa Pura II, BRI dan Jasa Marga.

Karier Intan Fauzi

Intan Fauzi merupakan Anggota DPR dua periode, yakni periode 2014-2019 dan periode 2019 - 2024. Dia menempuh pendidikan di Universitas Indonesia pada 1987-1992 Jurusan Hukum Ekonomi. Selepas dari UI, Intan melanjutkan pendidikan magister di Universitas of Nottingham Inggris 1997-1998.

Adapun riwayat pekerjaan Intan diantaranya sebagai Komisaris PT Fauzi Panca Manunggal sejak 2014 - sekarang, CEO Graha Inti Fauzi di tahun 2007 hingga 2017, Manajer PT Indofood Sukses Makmur Tbk di tahun 1994 hingga 2007. 

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kemplang Untuk Warga OKI

Di perusahaan Indofood, Intan tercatat pernah menjadi Kepala Representative Indofood di Tokyo Jepang. 

Di awal kariernya, Intan juga pernah menjadi Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Mata Kuliah: Hukum Asuransi, Hukum Transportasi dan Hukum Surat Berharga di tahun 1994 hingga 2000.

Selama menjadi Anggota DPR, Intan terlibat dalam beberapa kali sebagai panitia kerja pembuatan rancangan undang-undang (RUU). Salah satu RUU yang mendapatkan perhatian publik, yakni Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang berhasil disahkan DPR.

Duduk sebagai Anggota Komisi VI DPR yang bermitra dengan Kementerian BUMN, Intan berkomitmen memberdayakan kaum perempuan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu ditunjukkan dengan dilaksanakannya pendampingan kaum perempuan di Kota Bekasi dan Kota Depok. 

Di PAN, selain menjabat sebagai Ketum PUAN, Intan dipercaya sebagai Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN. 

Baca juga : Atikoh Ganjar Bicara Pemberdayaan Perempuan Bersama Nyai Dan Ning Di Surabaya

Di KPPN ini, dia bekerja keras bersama rekan-rekannya sesama Srikandi PAN dalam menghadapi Pemilu 2024. 

Menurut Intan, caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen di Pemilu 2024 dan tersebar di 84 Dapil di Indonesia.

Secara keseluruhan, dari persentase itu, ada 216 caleg perempuan dari total 580 caleg PAN, sehingga PAN menjadi partai dengan persentase tertinggi yang menempatkan caleg perempuan dibandingkan seluruh parpol yang ada di parlemen.

"Kalau di PAN, perempuan itu memang ditempatkan secara proporsional. Di kepengurusan, kami sudah jelas, lebih dari 30 persen," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.