Dark/Light Mode

Lagi! Gempa Terkini Guncang Sulut, Kali Ini Berkekuatan M 7,4, Potensi Tsunami?

Senin, 4 Desember 2023 03:25 WIB
Ilustrasi titik gempa di Sulawesi Utara, Senin (4/12) dini hari. (Foto: BMKG)
Ilustrasi titik gempa di Sulawesi Utara, Senin (4/12) dini hari. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi dengan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) pada, Senin (4/12) dini hari, pukul 02:48 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter gempa terletak di koordinat 12.61 lintang utara dan 127.40 bujur timur, sekitar 960 kilometer di timur laut Melonguane.

Baca juga : Hakim Agung Gazalba Saleh Pakai Uang Gratifikasi Beli Rumah Rp 7,6 Miliar Tunai

Gempa ini memiliki kedalaman mencapai 132 kilometer di bawah permukaan laut. 

Meskipun gempa tersebut terjadi di kedalaman yang cukup dalam, potensi untuk merasakan getaran di permukaan masih ada, terutama di sekitar wilayah episenter. 

Baca juga : Gempa Terkini Guncang Cianjur, Segini Besaran Magnitudo Dan Pusat Gempanya

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi mengenai kerusakan atau korban akibat gempa ini. Selain itu, BMKG juga belum merilis adanya potensi tsunami dari gempa tersebut.

Sekitar 1 jam sebelumnya, gempa dengan magnitudo lebih kecil yakni 4,8 juga mengguncang di lokasi yang hampir sama. Yakni 555 km Timur Laut Melonguane, Sulut. Gempa ini lebih dangkal, dengan kedalaman 58 Km. Waktu gempa tercatat pukul 01:11 WIB.

Baca juga : Buka Peluang Di Pasar Internasional, GDPS Berdayakan Potensi TKI

Gempa di lokasi yang nyaris sama, yakni timur laut Melonguane juga terjadi beberapa kali di sepanjang hari kemarin. Namun dengan Magnitudo dan waktu yang yang berbeda, mulai dari M 3,8 hingga M 6,8.

Rentetan gempa ini terjadi setelah gempa dengan kekuatan M 7,5 pada Sabtu (2/12) pukul 21.36 WIB di lokasi yang hampir sama, 840 km Timur Laut Melonguane, Sulut di kedalaman 113 km.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.