Dark/Light Mode

Ini Kata Mensesneg, Soal Dasi Kuning Yang Dipakai Jokowi

Sabtu, 16 Desember 2023 16:48 WIB
Ini Kata Mensesneg, Soal Dasi Kuning Yang Dipakai Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan penjelasan soal dasi kuning Presiden Jokowi, yang viral hari ini.

Pratikno mengatakan, dasi kuning itu dipakai lantaran Jokowi kesulitan mencari dasi. Dia memadukannya dengan setelan jas biru tua dan kemeja putih.

Baca juga : Ditanya Kenapa Pakai Dasi Kuning, Jokowi: Masa Nggak Tahu?

"Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi. Jadi, yang ada saja dipakai," kata Pratikno, usai mengantar Presiden menuju pesawat dalam rangka kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, seperti dikutip ANTARA, Sabtu (16/12/2023).

Sebelumnya, dalam konferensi pers menjelang keberangkatan Jokowi ke Jepang, wartawan bertanya soal arti dasi berwarna kuning yang dipakai Presiden ke-7 RI itu.

Baca juga : Prabowo-Gibran Lanjutkan Program Lumbung Pangan Yang Digagas Presiden Jokowi

Sebab, biasanya, Jokowi mengenakan dasi berwarna merah, atau pernah juga biru atau warna gelap lain.

"Pak dasi kuning ada artinya nggak?" tanya wartawan kepada Presiden yang hendak meninggalkan ruang konferensi pers.

Baca juga : Ini Kata Aktivis HAM Soal Debat Perdana Capres

Mendengar pertanyaan itu, langkah Presiden terhenti. Sesaat, dia memperhatikan dan memegangi dasinya. "Masa nggak tahu," ucapnya setengah berguyon dan tersenyum lebar. 

Setelahnya, Jokowi pun meninggalkan ruang konferensi pers menuju pesawat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.