Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Milad ke-111 Muhammadiyah

Jalan Santai Bertajuk Ikhtiar Menyelamatkan Semesta Diikuti 3.255 Peserta

Minggu, 17 Desember 2023 12:39 WIB
Jalan santai bertajuk Ikhtiar Menyelamatkan Semesta dalam puncak resepsi Milad ke-111 Muhammadiyah , di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (16/12). (Foto: Istimewa)
Jalan santai bertajuk Ikhtiar Menyelamatkan Semesta dalam puncak resepsi Milad ke-111 Muhammadiyah , di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (16/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat menggelar resepsi Milad ke-111 Muhammadiyah dengan tema ‘Ikhtiar Menyelamatkan Semesta’. Acara yang dihadiri seluruh unsur Muhammadiyah se-Jawa Barat tersebut berlangsung di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (16/12). Ribuan orang hadir untuk mengikuti serangkaian semarak milad, yaitu jalan sehat, bakti sosial, penyerahan penghargaan, pawai ambulan, bazzar UMKM binaan Muhammadiyah, serta disediakan 3.000 mangkok baso gratis.

Acara dibuka dengan jalan sehat yang diikuti ribuan peserta. Ketua Panitia Penyelenggara Novi Rizal Umam menyatakan, peserta jalan sehat yang terdaftar berjumlah 3.255 peserta. Pihaknya menyiapkan banyak hal dalam upaya menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan selama berlangsung jalan santai.

“Yang datang berasal dari kader dan simpatisan Muhammadiyah se-Jawa Barat. Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah, Ortom, AUM. Terima kasih, kita sama-sama semarakkan Milad Muhammadiyah dengan semangat syiar,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (17/12).

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Digital Di Jaktim

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Prof Ahmad Dahlan, dalam sambutannya, menerangkan bahwa semarak Milad ke-111 Muhammadiyah bermuara pada dua hal, yaitu tasyakur dan syiar. Beragam kegiatan yang dilangsungkan selama satu hari penuh pun mengedepankan rasa syukur dan syiar Islam berkemajuan.

“Jalan santai itu bentuk syukur atas nikmat sehat yang diberikan Allah SWT. Para peserta yang melakukan jalan santai pun memperlihatkan syiar, bahwa kamilah warga Muhammadiyah yang siap mencerahkan bangsa,” ucap Ahmad Dahlan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka kegiatan jalan santai dengan mengibarkan bendéra start. Ribuan peserta berjalan sejauh 4 kilometer. Panitia menyediakan berbagai doorprize dengan hadiah utamanya umrah.

Baca juga : Alam Ganjar: Bapak Jadi Teman Saya Bertukar Pikiran Dan Diskusi

Salah seorang peserta dari rombongan Pimpinan Cabang Baleendah, Ludi Awaludin Usman, merasa bahagia dan bangga atas terselenggaranya milad Muhammadiyah Tingkat Jawa Barat di Soreang. Bagi Ludi, acara milad tersebut tidak hanya seremonial, ada upaya untuk menumbuhkan sikap kritis atas beragam persoalan negara.

“Alhamdulilah kegiatan jalan santai Milad Muhammadiyah sangat bagus dan keamanannya terjaga. Sukses Milad yang ke-111 Muhammadiyah. Semoga ke depannya lebih gebyar, dan Organisasi Muhammadiyah, khususnya di Kabupatén Bandung, bisa semakin menguatkan sinergi dengan Pemkab Bandung,” kata Ludi.

Ada tiga hadiah umrah yang disediakan panitia Milad ke-111 Muhammadiyah. Salah seorang yang beruntung mendapatkan hadiah tersebut adalah Nisriina Suci Nur Fadillah dari Baleendah, Kabupaten Bandung. Dila, merasa tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan beribadah ke Baitullah.

Baca juga : Jalan Gembira Anies-Muhaimin Di Makassar Ditargetkan Diikuti 500 Ribu Peserta

“Alhamdulillah ini merupakan suatu hal yang tidak pernah saya bayangkan. Memang saya selalu berdoa kepada Allah semoga saya dapat diberi kesempatan untuk bisa bertamu ke rumah Allah. Dan ternyata Allah kabulkan secepat ini dengan cara yang tidak disangka-sangka,” kata Dila, dengan rona bahagia.

Bagi Dila, kegiatan jalan santai mencerminkan persatuan warga Muhammadiyah. Kader dari berbagai kalangan saling membantu demi terlaksananya kegiatan. Termasuk partisipasi dari beberapa pemangku kepentingan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.