Dark/Light Mode

Insiden Muzdalifah Jangan Terulang

Diah Pitaloka Minta Kemenag Pastikan Kenyamanan Dan Keselamatan Jemaah Haji

Kamis, 29 Juni 2023 15:03 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Diah Pitaloka meminta Kementerian Agama (Kemenag) serius memastikan kenyamanan dan keselamatan jemaah, di sisa waktu pelaksanaan ibadah haji. 

Jangan sampai, insiden tertahannya jemaah haji Indonesia di Muzdalifah, yang mengakibatkan kelaparan dan kehausan, terulang kembali.

"Bagaimanapun, penyelenggaraan haji Indonesia adalah wilayah tanggung jawab Kemenag. Segala sesuatu yang terjadi, baik di Arab Saudi dan di Tanah Air, akan menjadi bahan evaluasi," ujar Diah, Rabu (28/6).

Baca juga : Anis Matta: Perayaan Idul Adha Jadi Momentum Kesetaraan Dan Persamaan Sesama Umat Manusia

Saat ini, jemaah haji tengah melaksanakan ritual lontar jumrah di Mina sampai 13 Dzulhijjah.

Lontar jumrah merupakan salah satu tahapan yang cukup berat, mengingat jarak maktab yang relatif jauh. Ditambah cuaca panas terik. Sehingga, jemaah dan petugas haji, harus memiliki stamina yang prima.

Ini merupakan fase yang cukup penting bagi maksimalnya pelayanan.

Baca juga : Layanan Haji Di Muzdalifah Dan Mina Memble, Kemenag Protes Keras Ke Mashariq

Diah menyarankan, apabila ada kekurangan tenaga petugas, karena sebagian besar kelelahan mendampingi jemaah di Arafah dan Muzdalifah, Kemenag perlu dilakukan pembagian waktu kerja petugas sehingga tidak menumpuk. Supaya mereka bisa fokus pada fase-fase yang berbeda.

"Sekali lagi, di sisa waktu yang ada, saya harap Kemenag betul-betul memaksimalkan pelayanan terhadap para jemaah. Yang paling penting, memastikan keselamatan mereka," tandas politisi PDIP ini.

Dia juga mengingatkan Kemenag untuk mempersiapkan proses kepulangan jemaah sebaik-baiknya. Serta memastikan para petugas haji, tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga : Kemenkes Pastikan Kesiapan Obat-obatan Dan Alkes Saat Puncak Haji

"Semoga di penghujung ibadah haji ini, segala sesuatunya berjalan lancar sesuai rencana. Saya juga mendoakan seluruh jemaah haji Indonesia, agar menjadi haji yang mabrur," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.