Dark/Light Mode

25 Januari 2024 Hari Apa? Ada Hari Gizi Nasional 2024, Ini 10 Twibbon Kerennya

Kamis, 25 Januari 2024 15:20 WIB
Logo Hari Gizi Nasional 2024. (Foto: Kemenkes)
Logo Hari Gizi Nasional 2024. (Foto: Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meskipun bukan hari libur nasional, hari ini punya peran penting lho untuk kesehatan generasi bangsa. Tentu banyak yang penasaran, tanggal 25 Januari 2024 hari apa? Ya, hari ini adalah Hari Gizi Nasional (HGN). Berikut sekilas tentang HGN dan kumpulan link Twibbonnya.

Sejarah Singkat Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional, yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, memiliki akar sejarah yang kuat dalam perbaikan gizi di Indonesia. 

Prof. Poorwo Soedarmo, yang menjadi kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tahun 1950, memainkan peran kunci dalam penetapan hari bersejarah ini. Pada tahun 1951, ia mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan, yang menjadi pilar awal bagi pengkaderan gizi di Indonesia.

Sejak berdirinya sekolah ini, pendidikan tentang gizi terus berkembang pesat di berbagai perguruan tinggi di tanah air. Tanggal 25 Januari kemudian diakui sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia, sebuah momen yang mengingatkan kita akan pentingnya gizi sebagai landasan kesehatan bangsa.

Hari Gizi Nasional memegang tujuan mulia, yaitu membangun komitmen bersama untuk mencapai kesehatan dan prestasi bangsa melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan. Seiring berjalannya waktu, peringatan ini berganti tanggung jawab dari Lembaga Makanan Rakyat (LMR) ke Direktorat Gizi Masyarakat pada tahun 1970-an hingga saat ini.

Tema Hari Gizi Nasional 2024

Baca juga : Tanggal 20 November Hari Apa? Ada Hari Anak Sedunia, Heboh Di Medsos

Tema Hari Gizi Nasional 2024 adalah "MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting."

Tema ini mencerminkan perhatian terhadap permasalahan gizi serius di Indonesia, khususnya stunting. MP-ASI, Makanan Pendamping ASI, menjadi kunci dalam mengatasi stunting, dan tema ini mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya memberikan MP-ASI yang kaya protein hewani.

Protein hewani memiliki peran vital dalam pembentukan matriks tulang, dan pemberian MP-ASI yang kaya protein hewani dapat membantu mencegah stunting. Dengan memilih makanan seperti daging sapi, daging ayam, hati sapi, ikan, telur, dan susu, kita memberikan kontribusi nyata dalam membangun generasi emas Indonesia.

10 Link Twibbon Hari Gizi Nasional 2024

Berikut ini ada 10 link Twibbon Hari Gizi Nasional yang bisa Anda pakai untuk diposting di media sosial. Anda bisa memasukkan foto pribadi atau foto lainnya untuk menyemarakkan HGN tahun 2024. Klik salah satu Twibbon di bawah ini yang anda sukai:

1. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan logo Kemenkes

Baca juga : 30 Ucapan Hari Ayah Nasional Singkat, Mendalam Dan Menyentuh Hati

2. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan logo Kemenkes dan Poltekkes

3. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 simpel tanpa logo, dukung cegah stunting

4. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan logo Dinkes

5. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan logo Ormas

6. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan ilustrasi makanan bergizi

Baca juga : 2 November Hari Apa? Ada Hari Arwah Hingga Hari Balet, Berikut Sejarah Penting

7. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan ilustrasi sayur dan susu

8. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan ilustrasi mangkok berisi makanan bergizi

9. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan logo BPOM

10. Twibbon Hari Gizi Nasional 2024 dengan ikan, telur, ayam dan daging

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.