Dark/Light Mode

24 Oktober 2023 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Dokter Nasional Dan Sejarah Lain

Selasa, 24 Oktober 2023 14:30 WIB
Ilustrasi peringatan dan peristiwa sejarah penting di tanggal 24 Oktober
Ilustrasi peringatan dan peristiwa sejarah penting di tanggal 24 Oktober

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah peristiwa penting terjadi di tanggal 24 Oktober, yang kemudian diperingati setiap tahunnya baik di tingkat nasional maupun global. Berikut ini akan diulas hari apa saja diperingati setiap tanggal 24 Oktober ini?

Di level nasional, tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional hingga Hari Ekonomi Kreatif Nasional.

Sementara di level global ada HUT PBB hingga sejumlah peristiwa penting lainnya.

Berikut ulasan selengkapnya;

Hari Dokter Nasional

Hari Dokter Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 24 Oktober untuk memperingati berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tahun 1950. IDI adalah organisasi profesi kedokteran yang eksklusif bagi dokter Indonesia, mencerminkan kemerdekaan Indonesia dari pengaruh asing, khususnya Belanda, dalam bidang kedokteran.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Buat Perempuan

Sejarah Hari Dokter Nasional dimulai pada tahun 1911 dengan munculnya organisasi kedokteran di Indonesia dengan nama Vereniging Van Indische Artsen. Organisasi ini kemudian mengalami beberapa perubahan nama, terakhir menjadi IDI pada tahun 1950. Sejak itu, setiap tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional.

Tema peringatan Hari Dokter Nasional Indonesia 2023 adalah "Memperkuat Ikatan Tradisi Luhur Bersatu dan Mengabdi untuk Rakyat Indonesia," dengan tagline "Satu IDI Terus Maju."

Hari Ekonomi Kreatif Nasional

Setiap tanggal 24 Oktober juga diperingati sebagai Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas), yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Keputusan tentang Hari Ekonomi Kreatif Nasional diterbitkan oleh Menteri sebagai langkah untuk mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Tema Hekrafnas 2024 adalah "Ekonomi Kreatif Bangkit Indonesia Maju." Ekonomi kreatif mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2006, dengan pendirian Indonesian Design Power oleh Departemen Perdagangan atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

HUT PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pada tanggal 24 Oktober, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merayakan ulang tahunnya, yang menandai berdirinya organisasi ini pada tahun 1945. Meskipun Piagam PBB disahkan pada tanggal 24 Oktober 1945, baru pada tahun 1948 tanggal ini ditetapkan sebagai hari resmi lahirnya PBB.

Baca juga : Organisasi Advokat Bersatu Nasional Dukung Ganjar Mahfud

Pada tahun 1971, PBB juga mengajukan agar tanggal 24 Oktober diakui sebagai hari libur umum oleh negara-negara anggotanya.

Hari Polio Dunia

Hari Polio Dunia, yang jatuh pada tanggal 24 Oktober, bertujuan untuk memperingati usaha dalam menghadapi penyakit polio, yang masih memerlukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan. Penyakit polio adalah penyakit menular, dan upaya vaksinasi masif telah membantu beberapa wilayah untuk bebas dari polio. Hari ini mengingatkan pentingnya upaya global dalam memerangi penyakit ini.

Hari Informasi Pembangunan Dunia

Hari Informasi Pembangunan Dunia, yang dirayakan setiap tanggal 24 Oktober, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap hambatan pembangunan di berbagai negara serta cara mengatasinya. Ini berkaitan dengan pembentukan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada tahun 1964, yang bertujuan mengatasi isu pembangunan di berbagai negara. Sejak itu, tanggal 24 Oktober dipilih sebagai hari peringatan untuk mengingatkan pentingnya usaha pembangunan global. Generasi muda diharapkan dapat membawa ide-ide cerdas untuk mengatasi masalah pembangunan.

Peristiwa Sejarah Hari Ini

2007: China Meluncurkan Chang'e 1

Ini merupakan wahana antariksa pertama dari Program Eksplorasi Bulan China, yang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesawat ruang angkasa tanpa awak ke Bulan dan orbit bulan guna memahami satelit alami Bumi yang terbesar. Wahana antariksa ini jatuh ke permukaan Bulan pada tanggal 2 Maret 2009, setelah mengitari Bulan selama lebih dari setahun.

1964: Kemerdekaan Zambia

Negara Afrika ini meraih kemerdekaan dari pemerintahan Inggris dengan disahkannya Undang-Undang Kemerdekaan Zambia 1964 oleh Parlemen Inggris.

1945: Berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Baca juga : Tanggal 20 Oktober 2023 Hari Apa? Berikut Perayaan Dan Sejarah Penting Diketahui

Piagam PBB diratifikasi oleh 5 anggota tetap saat itu dan 46 negara anggota.

1930: Kudeta di Brasil

Presiden Washington Luís digulingkan oleh para kepala angkatan bersenjata hanya dalam waktu 4 tahun setelah ia menjabat. Kudeta tersebut mencegah Presiden terpilih Júlio Prestes berkuasa, dan junta militer malah mengangkat Getúlio Vargas sebagai Presiden de facto negara. Kudeta ini sebagian sebagai tanggapan terhadap kebijakan "kopi dengan susu" pemerintah, yang memungkinkan kekuasaan pemerintahan berganti antara negara produsen kopi São Paulo dan negara produsen susu Minas Gerais. Kebijakan ini memicu pemberontakan di beberapa bagian negara, yang kemudian mendorong tentara untuk bertindak melawan pemerintah.

1926: Pertunjukan terakhir Houdini

Pesulap pelarian terkenal dunia ini tampil untuk terakhir kalinya di Teater Garrick di Detroit, Michigan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.