Dark/Light Mode

Rentetan Gempa Hari Ini Guncang Beberapa Wilayah, Terkuat Di Sulut M 5,6

Rabu, 22 Mei 2024 13:30 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Bolaang Mongondow Selatan. Foto: BMKG
Ilustrasi pusat gempa di Bolaang Mongondow Selatan. Foto: BMKG

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat beberapa aktivitas gempa bumi di berbagai wilayah Indonesia pada hari ini, Rabu (22/5). 

Gempa pertama terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah, dengan magnitudo 2,7 pada pukul 01:50 WIB. Gempa ini berlokasi 11 km timur laut Sigi dengan kedalaman 10 km.

Baca juga : Gempa M5,3 Guncang Lombok Utara NTB, Tidak Berpotensi Tsunami

Selanjutnya, gempa dengan magnitudo 3,7 terjadi di Tuyuyan, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, pada pukul 02:16 WIB. Pusat gempa berada di 114 km tenggara Tuyuyan dengan kedalaman 10 km.

Gempa ketiga terjadi di Tambolaka, Nusa Tenggara Timur, dengan magnitudo 3,1 pada pukul 04:37 WIB. Lokasi gempa terletak di 44 km timur laut Tambolaka dengan kedalaman 10 km.

Baca juga : Gempa Hari Ini Guncang Kepulauan Sangihe, Sulut Magnitudo 5,1, Kedalaman 10 Km

Gempa keempat terjadi di Lampung Selatan dengan magnitudo 2,8 pada pukul 12:01 WIB. Gempa ini berlokasi 50 km barat daya Lampung Selatan dengan kedalaman 17 km.

Gempa terkuat terjadi di Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Gempa terkini dengan magnitudo 5,6 terjadi pada pukul 12:49 WIB. 

Baca juga : Gempa M4,8 Guncang Kuta Selatan Bali, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa ini berlokasi 50 km barat daya Bolaang Mongondow dan dirasakan di beberapa wilayah di Sulawesi Utara, termasuk Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow, dan Kotamobagu dengan intensitas MMI III-IV.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa-gempa tersebut. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mengikuti informasi terbaru dari BMKG.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.