Dark/Light Mode

Sudirman Said Masuk Radar NasDem Diusung Jadi Cagub DKI Jakarta

Kamis, 23 Mei 2024 19:48 WIB
Sudirman Said. (Foto: Antara)
Sudirman Said. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, pihaknya tengah menggodok sejumlah sosok yang bakal diusung menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024. Menurutnya, saat ini NasDem dalam proses menuju pleno untuk penetapan kandidat cagub DKI.

Hermawi menyebut, sosok yang masuk dalam radar NasDem tak hanya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihaknya juga mempertimbangkan mantan Menteri ESDM Sudirman Said hingga kader NasDem Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino.

"Ada banyak kandidat yang mumpuni, termasuk tapi tidak terbatas kepada Anies. Ada nama Ahmad Sahroni, ada Wibi Andrino, ada Sudirman Said," kata Hermawi kepada wartawan, Kamis (23/5).

Baca juga : Pengamat Politik Sebut Sudirman Said Pantas Maju Cagub Jakarta

Hermawi menyebut partainya terbuka terhadap semua anak bangsa yang berwawasan ke-Indonesia-an, memiliki visi global, menerima AD/ART NasDem serta menandatangani pakta integritas. Menurutnya, semua kandidat memiliki peluang yang sama.

"Dalam pilkada 2024 ini NasDem tetap dengan sikap anti mahar, tidak mewajibkan para calon untuk membayar satu rupiah pun. Ini salah satu cara jitu nasdem untuk menekan biaya tinggi politik," ujarnya.

Lebih lanjut, Hermawi mengatakan NasDem siap berkoalisi dengan semua partai yang beritikad baik bagi kemajuan bangsa dan negara. Ia memastikan komunikasi dengan partai-partai lain terus pihaknya lakukan.

Baca juga : Relawan Dukung Anies Maju Pilgub Jakarta

"Karena untuk mengajukan kandidat Gubernur DKI harus koalisi, tidak ada satu partai pun yang memiliki kecukupan kursi untuk maju sendiri di DKI," katanya.

Sebelumnya, Sudirman Said mengatakan, masih ada jalur partai politik bagi dirinya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. "Proses ini masih panjang. Jalur independen tak memungkinkan, kan ada jalur partai," kata Sudirman dalam pernyataannya di kanal YouTube Hersubeno Point.

Sudirman memiliki prinsip jika politik merupakan hajat publik, bukan agenda pribadinya. Sehingga, ia memberikan kebebasan kepada para relawan dan elemen masyarakat yang mendukungnya berinisiatif memajukan dirinya sebagai calon gubernur Jakarta lewat jalur beberapa waktu lalu.

Baca juga : KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang di Dapil Jabar 1

"Dan sejumlah sahabat dan kelompok datang ke KPUD, dan melihat kemungkinan ke sana. Yang terjadi mungkin penjajakan. Mungkin minta akses. Tapi setelah beberapa hari mereka proses dan tak visible. Karena seluruh persyaratan harus selesai pada hari Minggu itu," kata dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.