Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,7 Guncang Mukomuko Bengkulu, Terasa Hingga Jambi

Rabu, 5 Juni 2024 10:20 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Bengkulu, Rabu (5/6). Foto: BMKG
Ilustrasi pusat gempa di Bengkulu, Rabu (5/6). Foto: BMKG

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Mukomuko, Bengkulu pada Rabu pagi (5/6). 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 09.20 WIB dengan pusat gempa berada di laut, 146 km barat daya Mukomuko, pada kedalaman 34 km.

Baca juga : Gempa M 5,0 Guncang Mamberamo Tengah, Getaran Terasa Hingga Wamena!

Info BMKG menyebut, getaran gempa cukup kuat dirasakan di beberapa wilayah. Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III dilaporkan di Argamakmur, Bengkulu Utara. 

Sementara itu, skala II-III MMI dirasakan di Kerinci dan Sungai Penuh, Jambi. Di Mukomuko sendiri, intensitas gempa mencapai skala III-IV MMI, menandakan getaran yang cukup kuat dan dapat dirasakan oleh sebagian besar penduduk.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 4,9 Guncang Minahasa Tenggara, Terasa Hingga Manado

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut. BMKG juga memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Warga diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di laman resminya.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 6,2 Guncang Sinabang, Aceh, BMKG Waspadai Gempa Susulan

Pantau informasi resmi dari BMKG dan ikuti arahan dari pihak berwenang setempat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.