Dark/Light Mode

Sambut Indonesia Emas 2045, Menlu Retno Minta Mahasiswa Siapkan Inovasi Dan Teknologi

Kamis, 20 Juni 2024 17:02 WIB
Menlu Retno Marsudi (tengah) menyemangati mahasiswa yang hadir di acara HUT Yayasan Tarumanagara di Kampus 2 Universitas Tarumanagara, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2024). (Foto: Istimewa)
Menlu Retno Marsudi (tengah) menyemangati mahasiswa yang hadir di acara HUT Yayasan Tarumanagara di Kampus 2 Universitas Tarumanagara, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi meminta mahasiswa untuk mempersiapkan diri menyambut Indonesia emas tahun 2045.

Di tahun tersebut Indonesia akan menjadi negara besar dengan inovasi tinggi dan menguasai teknologi.

Golden future of Indonesia, in your hand,“ kata Retno menyemangati mahasiswa yang hadir di acara HUT Yayasan Tarumanagara di Kampus 2 Universitas Tarumanagara, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2024).

Menlu Retno, memuji peran kampus dalam mempersiapkan generasi muda, sehingga fit untuk kebutuhan masa depan dalam kontek menuju Indonesia emas.

Baca juga : Dukung Indonesia Emas 2045, Relawan Mas Gibran Bagikan Sembako di Cengkareng

Secara khusus Menlu Retno, menggarisbawahi posisi Universitas Tarumanagara sebagai "pusat persemaian" intelektual muda.

"Dari segi competitiveness,  kampus menjadi tempat untuk menyemai rasa dapat bersaing dengan negara lain. Karena sekali lagi, bangsa yang menang adalah bangsa yang berinovasi tinggi dan menguasai teknologi," ujarnya.

Ketua Yayasan Tarumanagara Prof. Ariawan Gunadi mengatakan, dalam rangka menyambut generasi emas tahun 2045, Yayasan Tarumanagara telah menyiapkan pengembangan bisnis yang men-support kemajuan Universitas.

Di antaranya, membangun kota mandiri yang di dalamnya akan disiapkan infrastruktur dan pendukung kota mandiri yang lengkap. Diantaranya adanya lembaga pendidikan, rumah sakit, pusat penelitian dan pengembangan akademis yang terintegrasi.

Baca juga : Minionswati Jinakkan Andalan Gajah Perang

“Kita akan naik ke skala yang lebih global atau internasional,“ kata Ariawan yang merupakan alumni program doktoral hukum bisnis dan perdagangan internasional Universitas Indonesia.

Menurut Ariawan, di usianya yang ke-65 tahun, Kampus Tarumanagara telah menyiapkan diri menjadi kampus internasional dengan membangun 250 kamar mahasiswa di kampus Tanjung Duren Jakarta Barat untuk menampung mahasiswa-mahasiswa luar negeri dan lokal.

“Kita bangun Tarumanagara Residence 10 lantai, Sehingga mahasiswa asing dan pertukaran pelajar dapat menggunakan fasilitas yang sudah kita siapkan, sesuai standar perguruan tinggi internasional,” ujarnya.

Selain itu, menurut Ariawan, Universitas Tarumanagara juga melakukan kerjasama dengan negara-negara Eropa seperti Italia dan China untuk menyelenggarakan pendidikan double degree dan  fast track.

Baca juga : Indonesia Open 2024, Dejan/Gloria Atasi Wakil China Taipe

"Yayasan Tarumanagara telah menyiapkan lahan seluas 150 hektar di Legok, Tangerang untuk dibangun Tarumanagara City," ujar Ariawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.