Dark/Light Mode

Soal Banjir dan Tiktok

Giliran Emil Yang Disentil

Kamis, 27 Februari 2020 08:50 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: IF@ridwankamil)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: IF@ridwankamil)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Anies Baswedan, kini giliran Ridwan Kamil yang di-bully warganet soal banjir. Gara-garanya, Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil ini malah asyik main TikTok di Australia saat beberapa wilayah Jawa Barat kebanjiran.

Emil main TikTok dengan Aktris Cinta laura dan Eks Wamenlu, Dino Patti Djalal dalam sebuah acara peresmian kafe kopi pertama milik Pemprov Jabar di Melbourne, Australia, Senin (24/2).

Dalam video berdurasi 27 detik yang diposting akun artis.indo_hits itu, Emil dan Dino yang mengenakan kaos berwarna hitam, melakukan koreografi tangan, mengapit Cinta Laura yang mengenakan baju lengan panjang warna krem. Sementara di saat yang bersamaan, sejumlah daerah seperti Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, dan Subang, tengah diterjang banjir.

Baca juga : Simulasi Ujian Di Ratusan Sekolah Ambyar

Sikap Emil disayangkan para warganet. Dia dinilai tak peduli dengan kondisi banjir di Jabar. Salah satu kritik datang dari Fadli Zon. Dia menyebut, Emil harusnya pulang karena sebagian wilayah di Jabar mengalami banjir. “Sebagian Jawa Barat banjir; seperti Subang, Karawang, Bekasi. Harusnya Gubernur pulang, urusi banjir, dan tak perlu buka cafe di Australia,” tulisnya di akun Twitter @fadlizon, kemarin.

Netizen lain mengomentari asiknya Emil main TikTok, ketika warga kebanjiran. “Mantab pak... banjir No 2... Eksis No 1..hehehe,” sindir @wahyu_aldino. akun @indonesiawan juga melontarkan sindiran serupa. “Wkwk. Tiktok terdepan sok milenial. banjir? Ngilang,” kicaunya.

“Kang @ ridwankamil TikToknya di Bekasi aja, mumpung lagi banjir,” sambung @bekamNanang. @shinyo_ar mencuit satire. “saya warga Depok, tapi baru tau sekarang kalau Gubernur Jawa Barat itu RK, gua kata Jawa barat nggak punya gubernur -_-,” tulisnya.

Baca juga : Real Madrid Vs Man City, Diramal Imbang

"Bekasi udah pindah ya? bukan di Jawa barat lagi?” sambar @andreymrizky. akun @helmifadhilah45 menyarankan bekasi dimekarkan jadi provinsi saja. “Pak, bekasi banjir makin banyak. Ini gimana. apa harus Bekasi bikin provinsi sendiri?” tanyanya.

Habis di-bully, Emil langsung memutuskan pulang lebih awal dari kegiatan dinasnya di luar negeri untuk meninjau korban banjir di Jabar. Dia sampai membatalkan pertemuan bisnis dengan investor asal Turki.

itu diungkapkan Emil kemarin sore ketika melakukan video conference dengan Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja dan pejabat lainnya di lingkungan Pemprov Jabar.

Baca juga : Banjir, Ini Rute KRL Yang Dialihkan

“Saya sangat berempati sehingga membatalkan kunjungan yang dirancang sejak tahun lalu. Saya hanya ke satu negara. 6-7 agenda dibatalkan semata-mata ya seperti ini,” ujarnya. Emil akan pulang hari ini dan langsung ke Subang meninjau lokasi banjir. Sementara Ruzhanul Ulum ditugaskannya ke Bekasi.

“Saya paham kehadiran pemimpin secara psikologis dibutuhkan masyarakat,” imbuh Emil. Dia kemudian menjelaskan soal otonomi daerah yang memberikan kewenangan penuh kepala daerah untuk melakukan tindakan teknis.

“Jabar itu beda sama Jakarta. Di Jabar itu ada hierarki, ada bupati, wali kota. Saya amati seringkali Gubernur Jabar disamakan dengan bupati dan wali kota, ini yang sering saya alami,” tutupnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.