Dark/Light Mode

Nunggu Berjam-jam, Wartawan Dijanjikan Tes Corona Besok

Minggu, 15 Maret 2020 16:47 WIB
Para wartawan yang menunggu di depan gedung IGD Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, Minggu (15/3). (Foto: Faqih Mubarok/RM)
Para wartawan yang menunggu di depan gedung IGD Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, Minggu (15/3). (Foto: Faqih Mubarok/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah wartawan yang bertugas di Kompleks Istana Kepresidenan dan yang pernah berkontak langsung dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang baru saja dinyatakan positif virus corona COVID-19, mendatangi RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Minggu (15/3).

Mereka datang untuk memeriksakan diri. Berdasar pantauan, puluhan wartawan datang ke RS Persahabatan, sekitar pukul 09.00 WIB, mereka mulanya berkumpul di depan Gedung IGD RS Persahabatan.

Di depan IGD, petugas perempuan bermasker sempat meminta wartawan mengisi formulir tentang riwayat perjalanan daerah terinfeksi, riwayat kontak, dan sejumlah form berisi gejala awal terinfeksi corona.

Baca juga : Menteri BUMN Erick Thohir Dipastikan Bebas Corona

Salah seorang wartawan radio MNC Trijaya, Anang Purwanto mengaku tiba di RS Persahabatan sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah isi formulir, belum kunjung ada  tindakan.

"Tadi ke IGD, isi formulir. Setelahnya dijelaskan petugas dokter yang menjaga IGD, peralatannya masih disiapkan dan segala macam. Belum ada pengecekan sama sekali," kata dia sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Dirut RS Persahabatan Rita Rogayah mengatakan, pemeriksaan tidak bisa dilakukan hari ini. Pasalnya mereka belum menyiapkan fasilitas lonjakan pasien.

Baca juga : Ikut Berinteraksi Dengan BKS, Jokowi Tes Corona Sore Ini

"Karena kami mesti menyiapkan dulu, nggak bisa. Nggak bisa tiba-tiba datang 30 orang. Kami baru menyiapkan nih apa strategi. Karena saat ini pasien yang ada. Masa mau digabung. Nanti saya umumin deh kasihan wartawan nunggu-nunggu," tambah Rita.

Hingga hampir pukul 14.00 sejumlah wartawan masih menunggu di RS Persahabatan. Namun, sebagian lainnya ada yang tak sabar dan memilih untuk memeriksakan diri di rumah sakit lainnya seperti di RSPI Sulianto Saroso serta RSUD Pasar Minggu. 

Puluhan wartawan yang masih menunggu dipersilakan masuk ke ruangan Customer Care, Instalasi Pelayanan Humas dan PKRS. Mereka diminta mengisi daftar hadir. Setelah menunggu, sekitar pukul 15.00 petugas bermasker menuju kumpulan wartawan. 

Baca juga : Bisnis Waralaba Dan BO Diyakini Tumbuh Di Tengah Wabah Corona

Petugas ini menyatakan, setelah rapat direksi, ia memastikan tidak akan ada pemeriksaan dan tes corona hari ini. Karena RS belum siap. "Mohon maaf tidak bisa hari ini. RS Persahabatan tetap membuka pemeriksaan untuk wartawan. Terutama yang sudah didata tadi.

Ada 34 daftar wartawan akan dihubungi kembali, besok atau lusa. Termasuk yang sudah isi formulis di IGD," ujar petugas perempuan  bermasker tersebut kepada para pewarta yang masih menunggu. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.