Dark/Light Mode

Bantu UMKM Terdampak Covid-19, Food Truck Pertamina Bagi-Bagi Makanan

Rabu, 1 April 2020 13:33 WIB
Bantu UMKM Terdampak Covid-19, Food Truck Pertamina Bagi-Bagi Makanan

RM.id  Rakyat Merdeka - Dampak terhadap ekonomi mulai dirasakan, salah satunya oleh pelaku UMKM. Akibat pembatasan mobilitas, omzet UMKM terjun bebas.

Beberapa pelaku UMKM mitra binaan Pertamina melaporkan penurunan penjualan hingga 50 persen, terutama yang bergerak di sektor kuliner.

Untuk membantu UMKM mitra binaan, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mengadakan program food truck.

Foto: Humas Pertamina

Truk makanan ini keliling Kota Medan, membagikan makanan produk UMKM mitra binaan Pertamina kepada petugas layanan publik.

Baca juga : PBSI Tes Covid-19, Seluruh Atlet Pelatnas Negatif

"Sejumlah 850 paket makanan diberikan untuk RS Adam Malik, RS USU, Satlantas Polrestabes Kota Medan, Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Kota Medan, Komunitas Ojek Online dan Posko Media untuk COVID-19," ujar Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, di Kantor Satlantas Polrestabes Kota Medan, Selasa (31/3).

Paket makanan yang diberikan berupa makan siang, teh sereh, kudapan camilan, serta teh jahe merah. Seluruhnya, produksi UMKM mitra binaan Pertamina. Pemberian paket makanan ini dilaksanakan selama dua hari.

Selain untuk membantu pelaku UMKM, program food truck Pertamina Peduli ini juga merupakan ungkapan terima kasih atas dedikasi para petugas layanan publik.

Kasatlantas Polrestabes Medan Kompol M. Reza Chairul, menyampaikan apresiasinya atas program ini. "Kami menugaskan sekitar 400 personel gabungan dari beragam kesatuan, untuk melaksanakan pengawasan pembatasan mobilitas. Bantuan makanan ini bermanfaat buat para petugas yang tersebar di berbagai titik," ujar Reza.

Baca juga : Jadi Rujukan Pasien Covid-19, Pertamina Bantu Renovasi RSAL Mintohardjo

Lindawati, pelaku UMKM katering mitra binaan Pertamina, mengungkapkan, program ini membantu usaha kateringnya.

"Usaha saya sempat tutup sementara. Karena pelanggan saya dari diklat, banyak yang menunda kegiatan. Alhamdulillah l, ada order dari Pertamina. Cukup membantu usaha saya," katanya.

Lindawati telah menjadi mitra binaan Pertamina sejak tahun 2019. Usahanya sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, sejak tahun 2015.

Dalam proses pembuatan makanannya, Lindawati selalu memperhatikan faktor kebersihan dan higienitas.

Baca juga : Berdayakan UMKM, Pertamina Bantu Petugas SPBU

“Untuk menjaga kesehatan para petugas garda terdepan, kami tentunya siap memberikan makanan yang dimasak sepenuh hati dengan cita rasa yang enak serta sehat,” paparnya.

Produk mitra binaan juga diberikan untuk para pekerja Pertamina, yang karena sifat pekerjaannya, tetap bekerja di lokasi operasi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.