Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berdayakan UMKM, Pertamina Bantu Petugas SPBU

Selasa, 31 Maret 2020 16:50 WIB
Tampak hasil UMKM binaan Pertamina, minuman jahe instant. (Foto: Dok. Pertamina)
Tampak hasil UMKM binaan Pertamina, minuman jahe instant. (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mendukung upaya peningkatan ekonomi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang omsetnya terdampak penurunan daya beli karena Covid-19.

Kali ini, produk mitra binaan Pertamina MOR III di bidang usaha minuman kesehatan jahe instan, milik Darul Mahbar, menjadi salah satu barang bantuan bagi operator SPBU di Jakarta.

Pria berusia 49 tahun tersebut mendapat pesanan hingga 1.000 toples minuman jahe instan. “Sejak merebaknya Covid-19 saya sempat khawatir usaha rumahan ini akan terdampak dengan kebijakan #dirumahsaja.

Baca juga : Permintaan Meningkat, Kemenperin Genjot Produksi APD

Berkat Pertamina, produk kami minuman berbahan tanaman obat keluarga kini mulai dicari banyak orang dan permintaan terus bertambah,” kata Darul optimistis.

Hal senada juga dirasakan Nur Haidah, mitra binaan Pertamina lainnya yang memproduksi goodie bag atau aneka tas berbahan spunbound serta kain. Produknya digunakan untuk mengemas sejumlah bantuan Pertamina kepada masyarakat.

“Alhamdulillah usaha kami bisa berjalan, apalagi dalam kondisi seperti saat ini. Tentunya satu sama lain perlu saling mendukung.

Baca juga : Soal Biaya Keamanan, Harry dan Meghan Tak Punya Rencana Minta Bantuan Pemerintah AS

Kami berharap bantuan yang diberikan kepada berbagai pihak ini agar dapat senantiasa melibatkan produksi UMKM, sehingga bisa turut menggerakkan perekonomian informal,” ujar Nur Haidah yang saat ini juga berekspansi memproduksi masker non medis.

Dalam upaya mendukung penyaluran energi yang tetap menjaga protokol pencegahan penyebaran Covid-19, Pertamina bersama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DKI, saling mendukung untuk membekali alat pengamanan petugas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE).

Dari total 261 SPBU dan 23 SPBE di jakarta, terdapat sekitar 3.460 petugas yang terdiri dari operator, petugas keamanan dan petugas pendukung operasional lainnya.

Baca juga : Pastikan Keamanan, Pertamina Gandeng Damkar Semprot Disifektan Sarfas

Pada tahap awal, pekan ini Pertamina akan menyediakan 1.000 paket kesehatan bagi operator SPBU dan karyawan SPBU meliputi masker, sarung tangan, dan juga minuman jahe instan produk UMKM.

“Sinergi Pertamina dan Hiswana Migas ini merupakan upaya bersama-sama antara program tanggung jawab sosial perusahaan dan juga pengusaha SPBU, dalam menjamin keamanan dan layanan yang memenuhi protokol pencegahan penularan Covid-19 di SPBU,“ jelas Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III Dewi Sri Utami. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.