Dark/Light Mode

Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Bermagnitudo 5 Guncang Tanggamus, Lampung

Minggu, 3 Mei 2020 15:36 WIB
Tak Berpotensi Tsunami Gempa Bermagnitudo 5 Guncang Tanggamus, Lampung

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 5.3 mengguncang wilayah Tanggamus, Lampung pada Minggu (3/5) pukul 14.06 WIB. Magnitudo gempa kemudian dimutakhirkan menjadi 5.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,3 M yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi 5 M," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya, Minggu (3/5).

Baca juga : Gempa Bermagnitudo 4,2 Goyang Daruba, Maluku Utara

Gempa tersebut berlokasi di 6.36 Lintang Selatan, 104.67 Bujur Timur. Jaraknya, 97 km arah barat daya Tanggamus.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia, yang menghujam di bawah Lempeng Eurasia," jelas Rahmat.

Baca juga : Erdogan Batasi Oposisi Turki Bantu Penanganan Corona

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar naik ( thrust fault)," sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.