Dark/Light Mode

Hari Pers Nasional 2021

Doni Monardo Sabet Medali Emas Pentahelix

Selasa, 9 Februari 2021 15:28 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mendapatkan anugerah medali emas Dewan Pers pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021. (Foto: Ist)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mendapatkan anugerah medali emas Dewan Pers pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mendapatkan anugerah medali emas Dewan Pers pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Dalam kondisinya masih menjalani isolasi mandiri, Doni mengikuti rangkaian perayaan ini secara virtual, Selasa (9/2).

"Ini bukan medali emas untuk saya pribadi, tetapi medali emas untuk tim yang telah bekerjasama sejak awal pandemi Covid-19, selama penanganan, dan ke depan. Pers adalah bagian penting yang tidak pernah saya tinggalkan," ujar Doni Monardo, usai menerima medali emas secara virtual.

Doni bahkan menyebut medali ini sebagai Medali Emas Pentahelix. Pentahelix adalah lima unsur kekuatan dalam pembangunan. Kelimanya adalah pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas dan masyarakat, serta media.

Baca juga : Seskab: Kritik Media Jamu Kuat Bagi Pemerintah

"Tak terkecuali dalam penanganan Covid-19, media menjadi salah satu ujung tombak," ujar Doni.

Dalam banyak kesempatan, kata Doni, 63 persen keberhasilan pengendalian pandemi berada di tangan media. Terbukti, pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 maupun pengetahuan masyarakat tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kini di atas 65 persen skala nasional. Meskipun, angka itu tidak paralel dengan tingkat kepatuhan.

Egy Massadiah, Tenaga Ahli yang juga Staf Khusus Kepala BNPB menyatakan, Doni Monardo adalah sosok yang terbuka kepada pers. Tidak saja terbuka menerima saran, tetapi juga menerima kritik.

"Bahkan ada kalanya hujatan. Terutama yang kategori hoax," kata Egy yang juga seorang jurnalis senior itu.

Baca juga : Hari Pers Nasional, Pimpinan KPK Temui Wartawan Di Press Room

Egy mengetahui bagaimana Doni Monardo senantiasa menjaga hubungan dengan kalangan pers.

"Salah satu kawan beliau, Mas Tommy Suryopranoto adalah orang yang banyak memberi masukan saran saran kepada Pak Doni. Mereka berkawan sangat baik," tambah Egy.

Bukan hanya itu. Doni juga menjalin komunikasi dengan para pimpinan media, serta para pemilik media di Tanah Air.

"Saya kira, program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku adalah salah satu wujud perhatian dan kepedulain pak Doni terhadap insan pers," tambahnya.

Baca juga : Doni Monardo Dianugerahi Medali Emas Dari Dewan Pers

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, Medali Emas Dewan Pers kepada Doni Monardo adalah bentuk penghargaan masyarakat pers Indonesia atas kepedulian terhadap pers. Penerima medali emas sebelumnya, antara lain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

"Pak Doni telah membantu pers melalui FJPP. Itu sangat membantu dan sangat diapresiasi. Program yang bagus ini harus dilanjutkan," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.