Dark/Light Mode

Hari Pers Nasional, Pimpinan KPK Temui Wartawan Di Press Room

Selasa, 9 Februari 2021 14:18 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan dua Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Nurul Ghufron, menyambangi ruang wartawan di Gedung KPK, Selasa (9/2). (Foto: Oktavian Surya Dewangga)
Ketua KPK Firli Bahuri dan dua Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dan Nurul Ghufron, menyambangi ruang wartawan di Gedung KPK, Selasa (9/2). (Foto: Oktavian Surya Dewangga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, tiba-tiba saja menyambangi ruang wartawan alias press room yang berada di sebelah lobi Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (9/2).

Rupanya Firli sengaja datang untuk merayakan Hari Pers Nasional (HPN) secara kecil-kecilan dengan wartawan yang biasa ngepos di KPK. Firli, didampingi dua pimpinan KPK lain, Alexander Marwata dan Nurul Ghufron, masuk ke dalam ruang wartawan pukul 11.20 WiB.

Ketiganya, melihat-lihat beberapa fasilitas di dalam ruangan tersebut. Hadir juga Sekjen KPK Cahya Harefa dan Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding.

Ketiga pimpinan komisi antirasuah ini kemudian berdialog singkat dengan para wartawan. "Kurang apalagi nih?" tanya Firli. Wartawan berebutan menjawab. Keinginan mereka beragam.

Baca juga : Dua Pebiliar Nasional Silviana Lu Dan Rini Nasution Bertemu Di Hot Nine

Dari permintaan yang serius seperti penyelenggaraan media gathering dan peningkatan jaringan wifi, sampai yang nyeleneh seperti Playstation 5, Netflix, hingga studio band. Ckckckck… Firli cs pun tertawa-tawa.

Eks Kapolda Sumatera Selatan ini mengucapkan terima kasih kepada para wartawan yang selama ini setia meliput di komisi antirasuah. Firli menyebut, media tidak hanya sarana memberikan informasi, tetapi juga wawasan kepada bangsa dan negara.

Pers dinilainya mempunyai peran penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. “Sampai hari ini, sudah 75 tahun rekan-rekan pers telah menunjukkan andil besar dalam rangka mewujudkan tujuan negara," ujar Firli.

Malah, dia membeberkan sejarah HPN. Katanya, pada 9 Februari 1946 terdapat pertemuan wartawan yang dinamakan konferensi nasional wartawan Indonesia. Lantas pada 9 Februari 1955, ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional. "Artinya adalah sampai hari ini sudah 75 tahun rekan-rekan pers telah menunjukkan andil besar," imbuhnya.

Baca juga : Hari Layanan SIM Keliling Di Jakarta Hadir Di 5 Lokasi

Pers, juga turut andil dalam menyebarkan setiap informasi mengenai kerja-kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Karena itu Firli menyatakan, pers merupakan salah satu pahlawan antikorupsi.

"Selamat Hari Pers Nasional yang ke 75, semoga tetap jaya dan semoga tetap memberikan andil kepada kemajuan bangsa dan negara," tutur jenderal polisi bintang tiga itu.

Firli memastikan, wartawan yang selama ini bertugas di KPK akan difasilitasi untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selama ini, komisi superbody ini juga memfasilitasi tes Covid-19 berupa swab tes atau rapid antigen.

"Untuk vaksinasi, karena ini adalah meliputi kewenangan lembaga lain tentu kita akan bicarakan. Kami sudah tugaskan kepada Sekjen untuk siapkan segala sesuatunya, berkoordinasi dengan Kemenkes tentang vaksinasi itu," janji Firli.

Baca juga : Rasis Ke Natalius Pigai, Abu Janda Digarap Bareskrim 4 Jam

Persis seperti acara ulang tahun, Firli kemudian memotong kue yang disediakan KPK. Kemudian dia memberikan potongannya kepada perwakilan wartawan. Sementara Nurul Ghufron, memberikan kepada perwakilan wartawati. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.