Dark/Light Mode

GP Ansor Garap Program Wirausaha Bareng PT Pos Dan BNI

Kamis, 1 Juli 2021 19:12 WIB
Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut memakaikan jaket loreng khas Ansor kepada Menteri BUMN Erick Thohir di sela penandatanganan perjanjian kerja sama pemberdayaan dan pendampingan UMKM antara PT Pos Indonesia, BNI di Kantor Pusat GP Ansor, Jakarta, Rabu (30/6). (Foto: Ist)
Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut memakaikan jaket loreng khas Ansor kepada Menteri BUMN Erick Thohir di sela penandatanganan perjanjian kerja sama pemberdayaan dan pendampingan UMKM antara PT Pos Indonesia, BNI di Kantor Pusat GP Ansor, Jakarta, Rabu (30/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengembangan kewirausahaan pemuda menjadi salah satu program yang kini tengah dibangun PT Pos Indonesia (Persero). Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggandeng PT Pos dan BNI dalam memperkuat keagenan pospay, BNI 46, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pelatihan serta pendampingan UMKM Ansor.

Hadir dalam kegiatan ini Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), Dirut PT Pos Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Charlesl Sitorus, Dirut BNI Royke Tumilaar, dan Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal.

Baca juga : KKP Ngebet Cetak 200 Wirausaha Perikanan Tahun Ini

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kementeriannya sebagai lokomotif pembangunan, meminta perusahaan-perusahaan BUMN untuk melayani masyarakat dengan baik. Salah satunya dengan pendampingan UMKM bersama GP Ansor.

"Kita mencari embrio-embrionya supaya kalau kita ketemu pengusaha yang dari GP Ansor, Insya Allah bisa meningkatkan Ansor sendiri. Kita mau Indonesia modern, kita mau Indonesia maju apalagi di saat pandemi covid 19 ini," ungkap Erick.

Senada dengan itu, Gus Yaqut menegaskan kerjasama ini sangat penting untuk mengangkat tingkat ekonomi masyarakat. Khususnya kader Ansor yang taraf ekonominya menengah ke bawah.

Baca juga : Menpora Harap UIII Lahirkan Pemuda Berwawasan Global Dan Plural

"Saya kira kerjasama antara PT Pos, BNI dan Ansor ini menjadi momentum Bapak-bapak sekalian di BUMN ini untuk membantu sahabat kami di Ansor. Ini momentum untuk kami semua kader di Ansor untuk bangkit dari situasi ekonomi yang selama ini susah," ungkap dia.

Gus Yaqut menambahkan, kehadiran Erick ini bagian dari isyarat bahwa kerjasama antara PT POS, BNI, dan Ansor direstui. Dia berharap sinergi program ini berjalan dan bukan hanya menolong kader Ansor. "Tetapi juga anak muda dari seluruh Indonesia secara umum," ungkap Menteri Agama (Menag) ini.

Hal senada diungkapkan Wasekjen Bidang Ekonomi PP GP Ansor Addin Jauharuddin. Dia menjelaskan, kegiatan ini  dimaksudkan upaya mengembangkan ekonomi kader Ansor. "Terutama level mikro dan UMKM," ujar mantan Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Baca juga : PUPR Matangkan Program Nyata Bagi Masyarakat Tahun Depan

Dia yakin sinergi yang dibangun bersama PT Pos maupun Bank BNI makin menguatkan peran Ansor dalam konteks kesejahteraan umat.

"Ke depan Ansor akan terus berbuat. Menebar manfaat. Memperbanyak maslahat," tutup Tokoh Muda Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.