Dark/Light Mode

Survei Nasional Charta Politika Indonesia

Elektabilitas Ganjar Tertinggi, Anies Dan Prabowo Beda Tipis, Puan Ranking 9

Kamis, 12 Agustus 2021 18:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika Pemilihan Presiden (PIlpres) dilakukan sekarang ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diprediksi menang dengan 23,3 persen suara dari 10 nama yang dinominasikan.

Demikian hasil Survei Nasional Evaluasi Kebijakan & Politik Di Masa Pandemi, yang dirilis Charta Politika Indonesia pada Kamis (12/8).

Di belakang Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuntuti dengan angka 17,8 persen. Hanya beda tipis dibanding peringkat 3 Prabowo Subianto, yang mengantongi angka 17,5 persen.

Baca juga : Survei New Indonesia: Baliho Puan Bertebaran, Ganjar Yang Kian Berkibar

Disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (7,7 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (7,2 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (4,2 persen), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (3,6 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (1,8 persen), Ketua DPR Puan Maharani (14 persen), dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (1 persen).

Sisanya sebanyak 17,2 persen mengaku tidak tahu atau tidak memberikan jawaban. 

Tokoh Paling Disukai

Baca juga : Banteng Dan Gerindra Terancam, Demokrat Berpeluang Menang 2024

Dari sisi Pengenalan dan Kesukaan Tokoh terhadap 38 nama, Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama tokoh yang paling disukai, dengan angka 92,7 persen. Diikuti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (92,3 persen), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (91,3 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (91 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (90,9) dalam lima teratas.

Survei Charta Politika yang melibatkan 1.200 sampel dari responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki syarat pemilih di seluruh provinsi, dilakukan dalam periode survei 12-20 Juli 2021. 

Survei dengan wawancara tatap muka ini menggunakan multistage random sampling, dengan margin of error 2,83 persen dan quality control 20 persen dari total sampel. [HES]

Baca juga : Survei Capres PPI: Elektabilitas Prabowo Melorot

 

[HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.