Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Apresiasi ESQ Leadership Center Dalam Bentuk Karakter SDM Indonesia

Senin, 16 Mei 2022 20:37 WIB
Dari kiri: Menteri BUMN Erick Thohir, Pimpinan ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo, dalam syukuran Milad ke-22 ESQ sekaligus halal bihalal Idul Fitri 1443 Hijriah, di Menara 165 ESQ Leadership Center, Senin (16/5). (Foto: Dok. MPR)
Dari kiri: Menteri BUMN Erick Thohir, Pimpinan ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo, dalam syukuran Milad ke-22 ESQ sekaligus halal bihalal Idul Fitri 1443 Hijriah, di Menara 165 ESQ Leadership Center, Senin (16/5). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar mengapresiasi kiprah ESQ Leadership Center di bawah pimpinan Ary Ginanjar Agustian. Di usia yang ke-22 tahun, ESQ Leadership Center telah banyak berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter.

MPR juga telah menjalin kerja sama dengan ESQ Leadership Center dalam memasyarakatkan Empat Pilar MPR. Yaitu Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; UUD NRI Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus bentuk kedaulatan negara; dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu dalam kemajemukan bangsa, yang menyatukan 270 juta lebih rakyat Indonesia yang tersebar di 17.500 pulau dengan 733 bahasa dan 1.340 suku.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan, melalui kolaborasi tersebut, MPR dan ESQ Leadership Center telah meluncurkan konten video paduan Empat Pilar MPR dalam aplikasi 'Ruang Pelatihan by ESQ' yang didesain ESQ Leadership Center. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di berbagai tipe smartphone. Menyajikan nilai-nilai Empat Pilar MPR dengan format yang lebih segar, dengan pendekatan dan metodologi yang disesuaikan dengan kehidupan dan realitas sosial khususnya generasi muda bangsa.

Baca juga : Suharso: Pemuda Adalah Pemenang Masa Depan Indonesia

“Sehingga konsep wawasan kebangsaan menjadi lebih membumi, mudah dipahami, dan tidak hidup di awang-awang dalam alam utopia. Keragaman sebagai kekayaan, bukan perbedaan yang memisahkan," ujar Bamsoet, dalam syukuran Milad ke-22 ESQ, sekaligus halal bihalal Idul Fitri 1443 Hijriah bersama segenap keluarga besar ESQ, di Menara 165 ESQ Leadership Center, Senin (16/5).

Acara tersebut dihadiri juga Menteri BUMN Erick Thohir, Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, mantan Sekjen Golkar Letjen TNI (Purn) Soemarsono, mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, dan Ilham Habibie.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, ESQ Leadership Center juga menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia. Pertama, kualitas sumber daya manusia tidak cukup hanya dibentuk oleh kecerdasan intelektual, melainkan juga membutuhkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kedua, sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter tidak terlahir secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan proses pelatihan dan pembelajaran.

Baca juga : Buka Preliminary, Kepala BP2MI Sebut Jokowi Kebanggaan Indonesia

"Pembangunan karakter ini penting, karena tanpa karakter, manusia akan kehilangan makna hidup dan jati dirinya. Di tengah kompleksitas dan dinamika zaman yang terus menghadirkan beragam tantangan, membangun karakter sumber daya manusia adalah bagian dari upaya penyelamatan generasi bangsa dari dekadensi moral dan kemerosotan peradaban. Kegiatan pelatihan ESQ ini selaras dengan pembangunan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh MPR melalui program sosialisasi Empat Pilar MPR, yang pada prinsipnya bertujuan untuk membentuk karakter generasi bangsa yang berjiwa Pancasila dan berhati Indonesia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga turut mengapresiasi atas terpilihnya jajaran Pengurus Pusat dan Korwil Forum Komunikasi Alumni ESQ, yang dikukuhkan melalui pelantikan pada hari ini. Dirinya berharap segenap Pengurus Pusat dan Korwil Forum Komunikasi Alumni ESQ ini akan terus berkiprah, berkontribusi, dan menebarkan energi positif dalam pembangunan karakter sumber daya manusia Indonesia.

"Melalui jutaan anggota alumni ESQ yang tersebar di berbagai daerah, bahkan hingga di mancanegara, Forum Komunikasi Alumni ESQ akan menjadi generator dalam menggelorakan gerakan moral pembangunan karakter bangsa, dengan memegang teguh dan mengedepankan tujuh nilai budi utama, yaitu jujur, tanggungjawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil dan peduli," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.