Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestari: Gerakan Pola Hidup Sehat Penting Cegah Penyakit Kronis

Selasa, 15 November 2022 20:17 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta seluruh pihak mewaspadai penyakit diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Yakni dengan kebijakan yang mampu meningkatkan akses, pemahaman, serta edukasi masyarakat tentang pola hidup sehat dan skrining faktor risiko untuk mencegah berkembangnya penyakit kronis itu di masa datang.

"Penting untuk mencegah diabetes meluas di masyarakat, mengingat dampaknya yang bisa mempengaruhi kualitas hidup dan biaya kesehatan masyarakat," kata Lestari dalam keterangan tetulisnya, Selasa (15/11).

Data International Diabetes Federation pada 2021, saat ini terdapat 537 juta orang berusia 20-79 tahun di dunia yang hidup dengan diabetes.

Baca juga : Ganjar Tingkatkan Talenta Dan Kualitas Pendidikan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus

Bila tidak ada intervensi, angka itu diproyeksikan meningkat, mencapai 643 juta pada tahun 2030 dan 784 juta pada tahun 2045.

Di Indonesia, jumlah orang dengan diabetes terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021.

Data yang dipublikasikan oleh Center for Health Economics and Policy Studies (CHEPS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) pada 2016, pemerintah menghabiskan 74 persen dari biaya pengobatan diabetes untuk menangani komplikasi yang muncul akibat diabetes.

Baca juga : Basarah Harap ASN Jadi Benteng Ideologi Pancasila

Sejumlah catatan terkait diabetes itu, menurut Lestari, harus menjadi perhatian semua pihak, para pemangku kepentingan dan masyarakat agar tidak meluas.

Sosialisasi pola hidup sehat sejak dini, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus benar-benar dilakukan agar generasi penerus bangsa tidak hidup dengan diabetes.

Pola hidup sehat, tambah Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu, harus mulai diterapkan di lingkungan keluarga.

Baca juga : Lestari: Menangkan Persaingan, Tiru Semangat Juang Pahlawan

Pemahaman terkait konsumsi makan sehat yang seimbang, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus dimiliki oleh setiap anggota keluarga.

Sosialisasi masif pola hidup sehat di lingkungan sekolah, komunitas, hingga lingkungan tempat tinggal, ujar Rerie, harus menjadi gerakan bersama agar masyarakat benar-benar memahami bahayanya diabetes dan pentingnya pola hidup sehat di keseharian.

Rerie sangat berharap di tengah banyak ketidakpastian saat ini, bangsa Indonesia harus mampu memastikan masyarakatnya menjalani pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit kronis, seperti diabetes, sehingga mampu menjadi bangsa yang sehat dan berdaya saing untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi di masa datang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.