Dark/Light Mode

Perangi Narkoba Di Pintu Perbatasan

Polri Hadir Di Tiap Kampung

Minggu, 16 April 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan. (Foto: Instagram)
Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR Hinca Pandjaitan mendukung langkah-langkah kepolisian dalam penindakan jaringan kasus narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba). Dia pun mendorong agar aparat kepolisian hadir di setiap kampung dalam pemberantasan bahaya laten narkoba ini.

Hinca mengapresiasi upaya Polri dalam mengungkap alur narkoba masuk ke Indonesia. Upaya pemberantasan narkoba dan jaringannya kudu dilakukan secara konkret. "Karena kalau sampai kena narkoba ini, dua saja ujungnya. Kalau tidak meninggal, ya gila," kata Hinca di Jakarta, kemarin.

Dia bilang, bahaya narkoba ini bukan sekadar apa yang disampaikan tapi sudah menjadi bahaya laten narkoba. “Saya ingin menyampaikan 'ayo jaga kampung' kita dari bahaya laten narkoba," terangnya.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Sabtu 15 April Hadir Di Plaza Jambu 2

Karena itu, dia mendorong aparat kepolisian bisa hadir di setiap pintu-pintu masuk perbatasan. Terutama di Sumatera Utara atau pantai Timur Sumatera mulai dari Kepulauan Riau, Riau, hingga selat Malaka.

Terhadap kawasan-kawasan perbatasan tersebut, dia meminta kepolisian memasang plang besar bahwa kepolisian sangat serius dalam memerangi narkoba. "Pasang plang besar di situ kita buat 'Ayo jaga kampung kita dari ancaman bahaya laten narkoba. Lalu sebutkan di situ desa ini berada dalam pantauan 24 jam Dirnarkoba dan Call Centernya," usulnya.

Selain itu, dia juga meminta agar peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas juga bisa lebih dioptimalkan. Walau di satu sisi, diakuinya sebaran Bhabinkamtibmas ini masih belum memadai lantaran baru mencakup 48 persen dari total wilayah yang ada. "Berkenaan dengan itu, Bhabinkamtibmas ini kita minta mulailah keliling walaupun saat ini angkanya baru 48 persen tapi ini kita dorong sehingga kepolisian bisa hadir di situ," tambah dia.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Sabtu 14 April Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, pihaknya sangat serius dalam memerangi bahaya narkoba. Pihaknya pun telah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan juga Pemerintah daerah (pemda) untuk memastikan jaringan narkoba ini tidak punya celah masuk ke Indonesia.

"Tentunya selain penegakan hukum, upaya pencegahan dengan memberikan perhatian pada jalur-jalur apalagi memang di daerah-daerah ini kami juga sangat prihatin terhadap penggunaan narkoba ini," ujarnya.

Makanya, dia memastikan agar peran Polri bersama jajaran ini terus ditingkatkan dalam menindak para pelaku narkoba dan jaringannya. Para pelaku kalau ini sudah sempat sekali dan dua kali tertangkap akan dilakukan tindakan tegas sehingga pelaku ini bisa jera. “Di sisi lain kita lakukan ini sebagai upaya menyelamatkan masyarakat kita pada bahaya narkoba," tambah dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.