Dark/Light Mode

MPR Siap Gelar Sidang Tahunan 16 Agustus 2023, Jokowi Hadir

Senin, 14 Agustus 2023 20:34 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) didampingi para Wakil Ketua MPR, dalam konferensi pers persiapan Sidang Tahunan MPR, di Lobby Gedung Nusantara IV MPR, Jakarta, Senin (14/8). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) didampingi para Wakil Ketua MPR, dalam konferensi pers persiapan Sidang Tahunan MPR, di Lobby Gedung Nusantara IV MPR, Jakarta, Senin (14/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan MPR siap menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, pada Rabu 16 Agustus 2023, di Gedung Nusantara MPR. Presiden Jokowi dipastikan hadir untuk menyampaikan Pidato Presiden tentang Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara, dan sekaligus Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Bamsoet menerangkan, sidang akan dimulai pukul 09.30 WIB. Sidang ini dihadiri 1.549 undangan. Antara lain terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden, mantan Ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan dari seluruh Nusantara.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor 14 Agustus, Hadir Di Mall Cileungsi

Pokok acara Sidang Tahunan MPR terdiri dari pembukaan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua MPR, pidato pengantar Ketua MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR, pidato pengantar Ketua DPD dalam rangka Sidang Bersama DPR dan DPD, pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI, pembacaan doa, persembahan lagu-lagu daerah serta penutupan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPD.

"Berbagai persiapan telah dilakukan MPR untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2023 berjalan sukses. Antara lain melalui Rapat Pimpinan MPR pada 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi dengan Presiden pada 9 Agustus 2023. Untuk memantapkan persiapan, gladi bersih penyelenggaraan sidang akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB di Gedung Nusantara MPR RI," jelas Bamsoet, dalam konferensi pers persiapan Sidang Tahunan MPR, di Lobby Gedung Nusantara IV MPR, Jakarta, Senin (14/8).

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota l4 Agustus, Hadir Di Plaza Shinta Cimone

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, selain agenda Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, MPR juga akan menyelenggarakan agenda nasional lainnya yaitu peringatan Hari Konstitusi yang dirangkaikan dengan HUT ke-78 MPR. Acara tersebut diselenggarakan pada Jumat, 18 Agustus 2023, di Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD, dengan tema “Pemilu 2024 Mewujudkan Demokrasi Konstitusional yang Mempererat Persatuan Bangsa”.

"Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR akan dihadiri Presiden RI. Pokok acaranya antara lain, penayangan video sejarah MPR dan Kegiatan MPR, sambutan Ketua MPR, testimoni Gen Z (open mic), sambutan Presiden, pembacaan doa, penampilan Wonderland Indonesia oleh komposer muda Alffy Rev yang menyajikan medley lagu-lagu daerah dan lagu nasional yang diaransemen dengan sentuhan musik elektronik," terang Bamsoet.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 14 Agustus, Hadir Di 5 Lokasi

Wakil Ketua Pemuda Pancasila ini menambahkan, peringatan Hari Konstitusi 18 Agustus merupakan rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus. Tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran Negara Republik Indonesia (NKRI). Di tanggal yang sama, Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama.

"Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 MPR, kita juga akan menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit pada Jumat, 25 Agustus 2023, di lapangan Sepakbola Kompleks MPR. Kegiatan ini dalam kerangka menanamkan nilai-nilai kebangsaan melalui media budaya. Dilanjutkan pada 29 Agustus dengan final lomba stand up comedy Rumah Kebangsaan, podcast Uncensored Akbar Faisal, hingga Turnamen Catur antar wartawan," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.