Dark/Light Mode

Pengusaha Thailand Mau Bangun Pabrik Bubuk Mesiu di Indonesia, Bamsoet Dukung

Selasa, 28 November 2023 22:15 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (duduk tengah). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (duduk tengah). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana kerja sama antara perusahaan nasional Sapta Indonesia dan NRC Thailand, produsen senjata dan bahan peledak terbesar di Thailand, untuk mendirikan fasilitas produksi bubuk mesiu atau gun powder yang sangat dibutuhkan dunia di Indonesia. Kerja sama ini mencerminkan komitmen kuat Indonesia untuk membangun dan memperkuat sektor pertahanan dan industri pertahanan nasional.

"Rencana investasi NRC Thailand untuk membuat pabrik pembuatan bubuk mesiu atau gun powder patut kita dukung. Kami melihat ini sebagai langkah maju penting yang akan membantu Indonesia menjadi lebih mandiri dalam produksi bahan peledak dan meningkatkan kemampuan pertahanan nasional," ujar Bamsoet, usai bertemu pendiri sekaligus pemilik NRC Thailand di Bangkok, Selasa malam (28/11), seperti keterangan yang diterima redaksi.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Kendaraan Listrik Thailand Bangun Pabrik di Indonesia

Hadir Direksi NRC Thailand antara lain CEO and Sanga Kiengkham, Managing Director Chanyanuch Kiengkham dan Frédéric Peter Wetzel. Hadir pula Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Robert Kardinal serta Anggota DPD Yorrys Raweyai.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, pembangunan pabrik pembuatan bubuk mesiu atau gub powder yang sangat dibutuhkan dunia saat ini akan menjadi pabrik produksi bubuk mesiu pertama di Indonesia. Diharapkan akan menciptakan berbagai peluang kerja baru bagi masyarakat lokal. Selain, akan mengurangi ketergantungan Indonesia pada impor.

Baca juga : Perusahaan Jet Pribadi MJet Thailand Investasi di Indonesia, Bamsoet Sambut Baik

"Kami percaya bahwa inisiatif ini akan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan. Termasuk penciptaan lapangan kerja dan stimulasi pertumbuhan ekonomi lokal, Selain itu, juga akan memacu inovasi dan kemajuan dalam sektor pertahanan dan keamanan kita," kata Bamsoet.

Dosen Universitas Pertahanan ini menuturkan, NRC Thailand telah bergerak dalam bidang manufaktur senjata dan bahan peledak sejak 2006 dan menjadi pemimpin di bidangnya di Thailand. NRC Thailand telah bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi swasta.

Baca juga : Indonesia Emas 2045 Khawatir Tak Tercapai

"NRC Thailand selama ini telah memproduksi berbagai produksi amunisi dan senjata. Di antaranya, selongsong peluru artileri antipesawat ukuran 37 mm, selongsong peluru dan peluru ukuran ACP 0,45”, selongsong artileri ukuran 105 mm, amunisi shotgun lengkap ukuran 12Gauge dan pistol dengan berbagai," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.