Dark/Light Mode

Bamsoet Raih Penghargaan National Figure Award 2023

Sabtu, 23 Desember 2023 16:13 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meraih penghargaan National Figure dalam ajang Teropong Democracy Award 2023. Penghargaan diberikan atas kontribusi Bamsoet, baik dalam hal kinerja maupun gagasan, dalam membangun peradaban demokrasi Tanah Air.

"Penghargaan ini saya dedikasikan kepada segenap keluarga, sahabat, dan kolega, dan khususnya para pejuang demokrasi di seluruh penjuru Tanah Air yang senantiasa berusaha membangun dan memajukan demokrasi. Dibutuhkan upaya yang berkesinambungan, komitmen yang kuat, serta sinergi dan kolaborasi dalam memajukan demokrasi. Karena demokrasi tidak akan maju dan berkembang jika hanya diperjuangkan secara sepihak," ujar Bamsoet, dalam ajang Teropong Democracy Award 2023, secara virtual, Sabtu (23/12).

Baca juga : Hore, Man City Juara Piala Dunia Antarklub 2023

Ketua DPR ke-20 ini menyatakan, memajukan demokrasi adalah prioritas. Sebab, merujuk pada catatan the Economist Intelligence Unit, sejak 2006 hingga saat ini, Indeks Demokrasi Indonesia masih berada pada zona demokrasi “cacat” (flawed democracy), dan belum pernah memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai demokrasi penuh (full democracy).

"Masih belum mapannya kehidupan demokrasi kita, tentunya tidak cukup hanya direspons dengan keluhan. Apalagi sampai membuat kita melupakan, bahwa di sisi lain, masih ada elemen-elemen masyarakat yang tetap konsisten memperjuangkan kehidupan demokrasi," jelas Bamsoet.

Baca juga : Traveloka Raih Penghargaan Bergengsi Dari Kemendikbudristek 2023

Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Alumni Doktor Ilmu Hukum Unpad ini berharap, kehadiran pers dapat terus menjalankan peran penting dan strategisnya, khususnya dalam membangun literasi publik, merepresentasikan fungsi kontrol dan fungsi kritik, maupun dalam menyediakan ruang seluas-luasnya untuk menyuarakan aspirasi publik. Terlebih, saat ini Indonesia tengah menyongsong perhelatan kontestasi politik 2024, dengan suhu politik akan semakin menghangat.

"Kehidupan demokrasi kita akan terus ditempa oleh berbagai tantangan yang tidak hanya menuntut kesiapan, tetapi juga kedewasaan kita dalam menyikapi berbagai isu politik, agar suhu politik tetap kondusif, dan semangat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa tetap menjadi panglima," pungkas Bamsoet.

Baca juga : Kemenag Umumkan Penerima Penghargaan Moderasi Beragama 2023, Ini Daftarnya

Selain meraih penghargaan National Figure, Bamsoet yang juga baru saja mendapatkan penghargaan Juara I IDIA Award 2023 kategori Personal Pengguna Media Sosial YouTube dan Instagram Terbaik, diselenggarakan Indonesia Digital Inisiative Award (IDIA) pimpinan Sebastian Salang.

Penghargaan lain yang diraih Bamsoet antara lain, DataGovAI Award 2023 kategori Best Data and AI Governance untuk sektor Lembaga Legislatif RI, dari Asosiasi Big Data dan AI (2023); KAHMI Jaya Award (2022); Best Institutional Leaders dalam ajang Obsession Awards 2021; National Figure 2021; APERSI Award 2020 dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI); Best Institution Leader dari Obsession Media Group (2020); Digital Initiative Awards dari Diksi Digital Indonesia, Maven Digital Asia dan Circle Communication (2019); Democracy Award dari Moslem Choice Media Networks (2019); dan masih banyak berbagai penghargaan lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.