Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Sumbang Ambulans untuk Warga Miskin

Senin, 13 April 2020 21:58 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik hitam) saat menyerahkan bantuan ambulans untuk penanganan Covid-19, di Jakarta, Senin (13/4). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (berbatik hitam) saat menyerahkan bantuan ambulans untuk penanganan Covid-19, di Jakarta, Senin (13/4). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Direksi PT Binanakti Niagaperkasa Andri Noviar menyerahkan bantuan mobil ambulans kepada organisasi kemasyarakatan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS). Selanjutnya, oleh GERAK BS, ambulans tersebut akan difungsikan untuk melayani kebutuhan masyarakat, khususnya yang kurang mampu secara gratis dalam menghadapi pendemi Covid-19.

"Kebutuhan masyarakat terhadap ambulans sangat tinggi, apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kesadaran masyarakat terhadap akses kesehatan meningkat. Bagi mereka yang kurang mampu, menyewa ambulans yang disiapkan rumah sakit menjadi beban tersendiri. Karena itu, kehadiran GERAK BS yang mengoperasikan ambulans gratis untuk masyarakat, merupakan sebuah terobosan yang patut ditiru oleh berbagai lembaga organisasi kemasyarakatan lainnya," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat menyerahkan bantuan ambulans, di Jakarta, Senin (13/4).

Baca juga : Bamsoet: Intensifkan Cegah-Tangkal Penularan Wabah Corona

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menyatakan, ambulans yang diserahkan sudah memiliki standar pelayanan kesehatan yang memadai. Sehingga masyarakat tak perlu lagi ke rumah sakit menggunakan transportasi yang kurang layak, yang justru malah membuat pasien yang sudah sakit menjadi lebih menderita.

"Tak semua warga memiliki kendaraan layak yang aman dan nyaman yang bisa digunakan sebagai transportasi dari dan ke rumah sakit. Tak jarang ditemui, pasien yang berasal dari kalangan tidak mampu malah menuju rumah sakit dengan berjalan kaki. Kehadiran ambulans GERAK BS diharapkan bisa menghindari pasien kurang mampu dari risiko cidera yang lebih besar akibat ketidakmampuannya mengakses pelayanan ambulans," ucap Bamsoet.

Baca juga : Bansos Penanggulangan Covid-19 Harus Tepat Sasaran

Kepala Badan Bela Negara FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini berharap, kehadiran ambulans GERAK BS bisa turut menekan angka kematian akibat pasien terlambat datang ke rumah sakit. Sekaligus memudahkan perpindahan pasien kritis dari satu rumah sakit ke rumah sakit rujukan lainnya.

"Tak semua rumah sakit memiliki ambulans dengan jumlah armada yang memadai. Jikapun ada, harganya relatif tak murah. Ambulans GERAK BS dirancang sebagai armada yang serbaguna dan multifungsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya yang kurang mampu, secara layak, aman, dan nyaman," pungkas Bamsoet. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.