Dark/Light Mode

HUT Emas Banteng Sukses & Meriah

Setelah Merahkan Kemayoran, Juni Nanti Merahkan Senayan

Rabu, 11 Januari 2023 07:52 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggandeng Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin, dalam perayaan HUT ke-50 PDIP, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1). (Foto: Putu/RM)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggandeng Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin, dalam perayaan HUT ke-50 PDIP, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1). (Foto: Putu/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan HUT ke-50 PDIP, di JIExpo, Kemayoran, kemarin, berlangsung sukses dan meriah. Sekitar 15 ribu kader banteng dari berbagai daerah tumplek di lokasi. Di acara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan rencana konsolidasi besar-besaran di Stadion Gelora Bung Karno, 1 Juni nanti, sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2024. Untuk menyambut momen itu, Mega menginstruksikan kadernya bekerja keras menyerap aspirasi rakyat.

Kemeriahan gelaran HUT emas PDIP itu, sudah terasa di sekitar JIExpo. Umbul-umbul dan bendera PDIP terpasang di sepanjang jalan menuju lokasi. Kemeriahan makin terasa di arena JIExpo. Spanduk dan poster bergambar Mega dan Bung Karno terpampang di sejumlah titik. 

Untuk perayaan ulang tahun emas ini, panitia mengundang pengurus dan kader PDIP dari seluruh Indonesia. Mereka mulai berdatangan ke Hall A JIExpo sejak pukul 8 pagi, dengan seragam merah bergambar banteng moncong putih. Mereka lalu duduk mengelompok berdasarkan provinsinya. Gedung Hall A yang luas, penuh sesak saking banyaknya peserta yang hadir. Sambil menunggu acara, sebanyak 500 paduan suara menghibur peserta dengan menyanyikan lagu-lagu nasional seperti Rayuan Pulau Kelapa.

Baca juga : Skuad Macan Kemayoran Kembali Latihan 4 Januari

Di halaman depan JIExpo, suasana tak kalah meriah. Sebanyak 7 ribu anggota Satgas Cakra Buana sudah berbaris rapi sejak pagi. Gaya barisnya yang rapi dan tegap mirip tentara. Gaya pakaiannya pun demikian. Seragam lapangan hitam-hitam, lengkap dengan atribut baret merah, sepatu lars, dan caping berlogo banteng yang terpasang di punggung.

Sebelum menyampaikan pidato politik, Mega mengajak Presiden Jokowi menyaksikan aksi Satgas Cakra Buana ini dari atas panggung. Salah satu atraksi yang ditampilkan adalah terjun payung dari ketinggian 1,6 kilometer. Total ada lima penerjun, yang di antaranya membawa bendera merah putih dan bendera PDIP. Puluhan anggota marching band pun ikut memeriahkan acara.

Setelah atraksi selesai, Mega dan Jokowi bergeser ke arena yang sudah penuh dengan para kader. Dalam pidatonya, Mega menyampaikan banyak hal yang bikin kader tertawa, bersorak, dan bertepuk tangan penuh semangat.

Baca juga : Macan Kemayoran Ditahan Tim Paling Buncit

Mega juga menyampaikan rencana menggelar konsolidasi besar-besaran sambil memperingati Bulan Bung Karno pada Juni nanti. "Siap-siap, nanti Bulan Bung Karno, 1 Juni akan dilakukan lagi konsolidasi. Itu diadakannya di Gelora Bung Karno," kata Mega.

Menghadapi rencana itu, Mega menginstruksikan semua kader bekerja keras. Ia pun akan memantau mana kadernya yang kerja dan yang tidak. 

Menutup pidatonya, Mega membakar semangat kader agar siap menghadapi Pemilu. "Sekali lagi apakah kalian siap untuk memenangkan ketiga kali?," tanya Mega. Ribuan kader kompak berteriak “siap”.

Baca juga : Tak Cuma Izin Investasi, Pemerintah Harus Mudahkan Investor Jalani Usaha

Soal konsolidasi besar-besaran 1 Juni nanti, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, acara itu untuk meneguhkan ideologi kepada kader. Mega sudah membahas rencana ini dengan Jokowi saat makan siang bareng usai perayaan HUT PDIP selesai.

Sebelum acara konsolidasi besar-besaran itu, kata Hasto, akan ada pertemuan antara Mega dan Jokowi. Pertemuan itu akan membahas berbagai isu seperti ancaman krisis ekonomi sampai persiapan Pemilu. "Semua akan dibahas oleh kedua beliau dan itu juga tak terlepas dari persiapan pemilu ke depan agar tidak grusa-grusu," kata Hasto. 

Apakah akan sekaligus pengumuman capres? Hasto menggeleng. Kata dia, soal capres akan disampaikan pada momen lain.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.