Dark/Light Mode

Besok, PAN Gelar Rakornas Di Semarang

Jokowi, Ganjar, Erick Hadir...

Sabtu, 25 Februari 2023 08:15 WIB
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. (Foto: Antara)
Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN yang akan digelar besok di Semarang, Jawa Tengah, akan bertabur bintang. Pasalnya, acara tersebut akan dihadiri Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto yang sudah berada di Semarang beberapa hari sebelum acara Rakornas. "Insya Allah Pak Presiden Jokowi akan hadir pada pembukaan Rakornas dan Workshop PAN di Semarang nanti," kata Yandri di Semarang, kemarin.

Selain Jokowi, tambah Yandri, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga dijadwalkan akan menghadiri acara tersebut. Tidak hanya itu, acara ini juga akan dihadiri oleh sejumlah artis ternama tanah air yang merupakan kader PAN. "Di Rakornas nanti kemungkinan juga akan ada kejutan," ujarnya

Apa kejutannya? Menurut Wakil Ketua MPR itu, seputaran capres dan cawapres yang akan diusung partainya. "Siapa capres dan cawapres yang diusung PAN, kemungkinan besar akan diumumkan pada Rakornas nanti oleh ketua umum," jelas dia. 

Baca juga : Eks Wabup Sumedang Puasa Bicara Pilkada

Diketahui, PAN telah merekomendasikan banyak nama terkait dengan capres dan cawapres pada Pemilu 2024. Dari klaster kepala daerah ada nama Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan dari klaster menteri ada Erick Thohir. Untuk klaster ketua umum partai politik ada Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, dan Mardiono.

"Insya Allah, Rakornas ini ada sebuah pernyataan politik dari Bang Zul (Zulkifli Hasan) tentang capres atau cawapres," tegasnya. 

Kendati demikian, Yandri masih enggan memberikan informasi lebih lanjut mengenai nama capres yang diusung partai berlambang Matahari tersebut. "Memang di internal partai dan beberapa DPD kuat sekali menghendaki Pak Ganjar," jelas dia. 

Adapun pemilihan Kota Semarang sebagai tempat pelaksanaan Rakornas PAN, diungkapkan Yandri, karena ingin membangkitkan kembali semangat kader partainya di Jateng. Tujuannya agar target raihan kursi DPR bisa tercapai dan terisi. 

Baca juga : Ketemu Di Porseni NU, Ganjar-Erick Saling Lempar Pujian

"PAN menargetkan perolehan 65 kursi DPR pada Pemilu mendatang dan saat ini, PAN telah menempatkan wakilnya di Senayan sebanyak 44 kursi," beber dia. 

Apa kata PPP? Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi mengaku, partainya menghargai langkah PAN yang akan terlebih dulu mengumumkan capres yang diusungnya. Ka'bah berpikir positif langkah PAN dalam menentukan capres merupakan strategi politik untuk Pemilu 2024. 

"Ya itu kan strategi dari PAN," kata Awiek, sapaan Achmad Baidowi kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Begitu juga dengan PPP yang mempunyai mekanisme sendiri dalam menjaring capres potensial untuk berlaga di Pilpres 2024. "Siapa capres dan cawapres yang dipilih untuk maju juga PPP memiliki mekanisme internal," tandasnya. 

Baca juga : Gelar Rakor, Buruh Di Banten Dan Bogor Mantap Jaring Dukungan Ganjar Presiden 2024

Namun, dia menegaskan, capres yang terjaring oleh partai koalisi akan dibahas bersama-sama. "Tentu PAN nanti akan membawa ke forum KIB (Koalisi Indonesi Bersatu) untuk bersama-sama mendiskusikan terkait dengan rancangan koalisi ke depan," terang Wakil Ketua Baleg DPR itu. 

Senada dengan PPP, politisi Golkar Sarmuji juga menyebut tidak ada larangan bagi partai KIB untuk jalan duluan dalam menjaring capres. "Seperti Golkar sejak awal sudah mengusung nama Pak Airlangga sebagai calon presiden," cetus Sarmuji kepada Rakyat Merdeka. 

Bagaimana tanggapan pengamat? Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis Agung, Baskoro berpendapat, kehadiran Jokowi, Erick dan Ganjar mampu meningkatkan posisi tawar PAN di KIB. "Menimbang partai-partai lain seperti Gerindra, NasDem, Demokrat dan PKS sudah sejak awal mendeklarasikan capresnya secara resmi," ujar Agung saat berbincang dengan Rakyat Merdeka. 

Ditambah lagi, sambung Agung, PAN ingin terlihat lebih hidup dan atraktif dalam merespon Pemilu 2024. Mengingat di beragam survei suara PAN terancam tak lolos parliamentary threshold. "PAN juga secara elektoral ingin merengkuh coat tail effect dengan menghadirkan Pak Jokowi, Pak Erick dan Mas Ganjar. Apalagi jika ada deklarasi capres," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.