Dark/Light Mode

Fokus Nambah Kursi Golkar

Eks Wabup Sumedang Puasa Bicara Pilkada

Jumat, 3 Februari 2023 07:35 WIB
Ketua Dewan Pembina DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Taufik Gunawansyah (kanan). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pembina DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Taufik Gunawansyah (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pembina DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Taufik Gunawansyah, mengakui adanya dorongan dari kader-kader Partai Golkar, yang memintanya maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Sumedang, di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Namun, ia belum menanggapi serius, karena ingin fokus me­nambah jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang.

“Memang ada (suara dukunganuntuk menjadi bupati). Itu bisa disebut wacana. Tapi, saat ini saya masih fokus untuk meningkatkan perolehan suara dan kursi di DPRD Kabupaten Sumedang,” ujar Taufik di Jatinangor, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Lebih lanjut, ia mengatakan, usaha untuk menambah jumlah kursi di Gedung Dewan harus didahulukan daripada Pilkada. Terlebih, tiket masuk di Pilkada 2024 nanti, tergantung dari perolehan kursi partai di kon­testasi Pemilu Legislatif (Pileg) mendatang.

Baca juga : Kolaborasi TPIP Dan TPID Mampu Redam Gejolak Harga Pangan

Mantan Wakil Bupati Sumedang Periode 2008-2013 ini menambahkan, pada periode 2014-2019 Partai Golkar pernah meraih 10 kursi DRPD. Namun, pada kontestasi Pileg 2019 lalu, perolehan kursi partainya turun sebayak tiga kursi.

“Bercermin dari masa Periode 2014-2019, kami optimis, Partai Golkar bisa bangkit lagi. Minimal, kami bisa mengembalikan 10 kursi DPRD, atau memperoleh sebanyak 12 kursi di Pileg mendatang,” tegas dia.

Taufik mengungkapkan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Sumedang membidik dua kursi dari seluruh daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Sumedang. Karenanya, pihaknya menargetkan memperoleh 12 kursi Dewan pada Pileg mendatang.

Ia pun optimis, kader-kader muda partai Golkar, kader perempuan, kader milenial, dan visioner bisa membawa Partai Golkar Sumedang kembali ke masa kejayaan. Terlebih, lanjut dia, pihaknya diperkuat dengan kehadiran Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang saat ini men­jabat Wakil Ketua Umum Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Baca juga : Taufik Kurniawan Wafat, Zulhas Kenang Jasanya Besarkan PAN

“Nanti, tinggal bagaimana kemasan Pak Ridwan Kamil bisa betul-betul efektif dibawa ke masyarakat oleh Partai Golkar. Percuma kalau Pak Ridwan Kamil dengan Aura politiknya yang bagus ini tidak bisa dibawa oleh partai-partai di tingkat kabupaten,” jelas dia.

Taufik memastikan, bila Partai Golkar mampu memenangkan kontestasi Pileg di Kabupaten Sumedang, pihaknya akan mendahulukan kader partai dalam pencalonan di Pilkada 2024 nanti.

“Kalau soal siapa calonnya gampang, itu bisa siapa saja.Yang penting, memiliki posisioning politik yang memungkinkan Partai Golkar bisa bicara banyak di panggung Pilkada,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Sidik Jafar mengatakan, sesuaihasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar pada pertengah tahun lalu, DPD Partai Golkar mulai melakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok strategis. Pihaknya juga mendorong seluruh anggota Fraksi Partai Golkar di DPRD Kabupaten Sumedang untuk terus memingkatkan kualitas peng­abdian kepada masyarakat.

Baca juga : Golkar Kudu Terapkan Kampanye Yang Menyasar Pemilih Muda

“Selain itu, Partai Golkar mulai menyusun visi Sumedang untuk 20 tahun ke depan, dan membuat platform di DPD Golkar untuk lima tahun ke depan. Kami berharap, upaya ini bisa lebih mengoptimalkan target pemenangan Partai Golkar di 2024,” ujar Sidik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.