Dark/Light Mode

Komunikasi Parpol Kian Mesra, Ganjar-Erick Berpotensi Dapat Tiket Pilpres

Rabu, 1 Maret 2023 18:36 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) mulai berani menyebut capres-cawapres yang layak untuk diusungnya pada Pilpres 2024 mendatang. Dalam Rakernas PAN beberapa waktu lalu PAN menyebut Ganjar Pranowo dan Erick Thohir layak untuk disandingkan dalam Pilpres 2024.

Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Wawan Mas'udi mengatakan, PAN berani menyebutkan capres-cawapres yang ideal untuk dipasangkan pada Pilpres 2024 karena belum ada kader dari PAN yang elektabilitasnya bisa menandingi Ganjar.

Begitu juga dengan kandidat cawapres, elektabilitas kader PAN juga masih jauh tertinggal dengan Erick.

Baca juga : Airlangga-Ganjar Saling Salip, Mahfud Konsisten Di Posisi Cawapres

"Saat ini PAN memang tak memiliki kader yang potensial untuk diangkat menjadi capres atau cawapres. Sehingga PAN sebagai partai peserta Pemilu harus mencari figur yang tepat dan memiliki elektabilitas yang tinggi untuk dijadikan capres cawapres," kata Wawan, Rabu (1/3).

Ganjar dan Erick, kata Wawan, dianggap tokoh nasional yang punya magnet elektoral cukup tinggi di masyarakat. Diharapkan dengan mengangkat tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi akan memiliki imbas untuk meningkatkan suara dan populeritas PAN.

"Jadi ini praktis ada kebutuhan internal dan kebutuhan praktis PAN untuk mencari tokoh yang bisa meningkatkan elektoralnya pada Pemilu 2024," jelas Wawan.

Baca juga : Pengamat: Ganjar-Erick Berpotensi Diusung PDIP Dan KIB

Ia menduga, PAN yang berani menyebut Ganjar layak untuk dicalonkan menjadi capres cawapres di Pilpres 2024 dikarenakan mereka ingin mencari distingsi dengan parpol lain yang telah mencalonkan capresnya.

Jika PAN mendukung Anies Baswedan atau Prabowo Subianto menurut Wawan tak ada dampak yang signifikan bagi elektoralnya. Karena mereka sudah diklaim oleh beberapa parpol.

"Tokoh politik yang memiliki elektabilitas tinggi namun belum dikalim parpol hanya tinggal Ganjar. Sehingga, saat ini waktunya parpol untuk melakukan percobaan untuk mengklaim tokoh yang berpotensi maju di Pilpres 2024. Diharapkan klaim tersebut dapat meningkatkan kursi parpol pada Pemilu 2024," ungkapnya.

Baca juga : Zulhas Sodorkan Duet Ganjar-Erick, Jokowi Tersenyum

Sementara untuk Erick sebagai cawapres dinilai semata-mata karena ketokohan, kinerjanya di BUMN. Selain itu, profesionalismenya dan sosok Erick yang bisa diterima oleh semua kelompok masyarakat, baik yang nasionalis maupun agamis, dinilai Wawan sebagai magnet PAN untuk mencalonkannya sebagai cawapres 2024 mendampingi Ganjar.

"Saat ini social network Erick menjadi perhatian masyarakar. Terlebih lagi Erick kini menjadi Ketua Umum PSSI. Tentu saja kekuatan finansial Erick juga tak bisa diabaikan dan menjadi perhatian bagi parpol yang nanti akan mengusungnya," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.