Dark/Light Mode

Survei LSI, Ridwan Kamil Duduki Posisi Teratas Cawapres

Senin, 10 April 2023 18:39 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilu serentak tahun depan. Hasilnya, survei yang dilakukan 31 Maret-4 April 2023 dengan melibatkan ribuan responden, menempatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi teratas.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, Ridwan Kamil mendapat dukungan dari 19,6 persen responden, Sementara di bawahnya, ada Sandiaga Uno yang mendapat dukungan responden sebanyak 18,9 persen.

"Di bawah mereka ada nama Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Aihhvhvb rlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar. Namun tidak ada satupun dari nama-nama tersebut yang mendapat dukungan di atas 15 persen," kata Djayadi Hanan di Jakarta, Senin (10/4).

Baca juga : Erick Masuk 3 Besar Cawapres Terkuat

Survei ini, kata dia, melibatkan 1.299 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Seluruhnya dihubungi secara acak dan Margin of error dalam survei tersebut berada pada angka kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dia juga mengungkapkan bahwa hasil survei ini sekaligus menunjukkan belum ada perubahan dalam hasil survei untuk pengisi posisi cawapres. Ridwan Kamil masih menjadi nama yang dinilai paling berpeluang kuat untuk menjadi cawapres.

Baca juga : Survei LSI : Ganjar Pranowo Unggul Atas Prabowo - Anies

”Ini kalau kita menggunakan simulasi delapan nama. Nama-nama yang sering disebut sebagai bakal calon wakil presiden yang cukup kuat,” tuturnya. 

Sebab, lanjut dia, selain kerap muncul dalam hasil survei cawapres untuk pemilu 2024 mendatang, Ridwan Kamil juga menjadi salah satu tokoh yang namanya mengisi deretan calon presiden (capres).

Dukungan terhadap Ridwan Kamil di survei itu juga tergolong tinggi lantaran meski elektabilitasnya di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, nama mantan Wali Kota Bandung itu masih berada di atas lima persen. Sementara capres lainnya di bawah angka tersebut.

Baca juga : Survei LSI: Pemilih Jokowi Masih Memilih Ganjar Pranowo

"Misalnya Sandiaga Uno dengan 2,9 persen, Gibran Rakabuming dengan 2,7 persen, dan Mahfud MD dengan 2,3 persen. Sedangkan Ridwan Kamil sebesar 5,8 persen," imbuhnya. 

"Jadi, hasil survei-survei itu sekaligus menegaskan bahwa Ridwan Kamil tak hanya masuk dalam deretan nama yang dinilai pantas bertarung dalam pemilu capres. Tapi juga untuk cawapres tahun depan," tandas Djayadi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.